• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Tapal Kuda

Keistimewaan Surat Al-Mulk, Bentengi Siksa di Alam Kubur

Keistimewaan Surat Al-Mulk, Bentengi Siksa di Alam Kubur
Ustadz Abdul Hayyi saat menjelaskan keistimewaan Surat Al-Mulk. (Foto: Diana Putri Maulida)
Ustadz Abdul Hayyi saat menjelaskan keistimewaan Surat Al-Mulk. (Foto: Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim

Banyak yang bisa memberi syafaat di akhirat nanti. Akan tetapi, yang paling besar berasal dari Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Abdul Hayyi saat mengisi pengajian rutin Kitab Dzurrotun Nashihin di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan, Sabtu (01/01/2022).


"Orang yang ahli membaca Al-Qur’an, nanti akan mendapat syafaatnya sejak dia mati sampai hari kiamat. Al-Qur’an akan selalu membersamainya sampai dosa-dosanya semua diampuni," jelas Ustadz Hayyi.


Lebih lanjut, Ustadz Hayyi mengingatkan agar bersungguh-sungguh ketika membaca Al-Qur’an Surat Al-Mulk atau familiar dengan surat ‘Tabarak’. Sebab, surat tersebut akan membersamai para pembacanya di alam kubur.


Dijelaskan dalam sebuah hadits, saat malaikat mendatangi sang ahli kubur untuk memberikan siksaan, surah Al-Mulk itulah yang secara spontan akan membentenginya.


"Surah Al-Mulk langsung mengatakan pada malaikat bahwa ia adalah kalam Allah. Kemudian mengancam akan mengadukan pada Allah apabila malaikat tetap akan menyiksa sang ahli kubur. Begitulah keistimewaan surat ini," tambahnya.


Bahkan, menurut Ustadz Hayyi, jin sangat heran dengan Al-Qur'an. Karena sejak diturunkan kitab-kitab sebelumnya, tidak ada yang lebih istimewa daripada Al-Qur'an. Karena dari setiap satu ayat yang turun, banyak malaikat yang mengelilinginya.


"Syafaat-syafaat yang lainnya selain Al-Qur'an itu guru dengan murid, ulama dengan para jama’ahnya. Semuanya itu tentu berdasar kanizin dari Allah SWT," tegas Ustadz Hayyi.


Selain itu, pada syarah kitab diceritakan, bahwa ada seorang anak berusia 10 tahun yang telah meninggal dunia. Dalam mimpi sang ibu, anak tersebut datang sambil menangis. 


Ternyata, sang anak mengeluhkan bahwa kuburan baru yang tepat berada di sampingnya bukan seorang ahli shalat dan seringkali mendapat siksa. Sehingga, siksa orang tersebut terciprat sampai kuburannya.


"Seperti itulah siksa bagi orang yang tidak shalat. Janji Allah, asal shalatnya benar, wudhunya benar, semua gerakan shalatnya mengikuti aturan fiqh, tepat waktu, dan berusaha khusyuk, Insyaallah selamat," pungkasnya.
 


Diketahui, pengajian rutin tersebut juga ditayangkan di kanal youtube Salafiyah Media Kota Pasuruan. Sehingga, selain para santri, masyarakat umum juga dapat mengikutinya.


Tapal Kuda Terbaru