• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Ini Tujuh Tips Meraih Hati Ikhlas Menurut Dr Imroatul Azizah

Ini Tujuh Tips Meraih Hati Ikhlas Menurut Dr Imroatul Azizah
Dr Imroatul Azizah. (Foto: NOJ/Charline)
Dr Imroatul Azizah. (Foto: NOJ/Charline)

Surabaya, NU Online Jatim

Menuju ikhlas memang banyak tantangan, salah satunya menaklukkan ego. Dr Imroatul Azizah, Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Muslimat Nadhlatul Ulama (NU) Bojonegoro membeberkan sejumlah tips untuk melawan ego dan meraih hati yang ikhlas. Hal ini disampaikan pada Kiswah Interaktif yang diunggah di akun YouTube TV9 Official yang tayang pada Rabu (20/7/2022).

 

Menurutnya, ada tujuh tips untuk meraih hati ikhlas. Seperti, memfungsikan hati, menanamkan Allah dalam hati, menumbuhkan sifat bersyukur, dan sadar akan kekurangan dan dosa yang dimiliki.

 

“Pertama adalah ikhlas itu ada di hati, jadi fungsikanlah hati. Kedua, tanamkan Allah dalam hati. Ketiga, tanamkan dalam jiwa bahwa kita adalah hamba Allah yang telah diberi berbagai kenikmatan. Keempat, sadar akan dosa dan kekurangan,” jelasnya.

 

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya berpesan untuk jangan sampai melibatkan nafsu.

 

“Jangan sampai melibatkan nafsu, contohnya shalat supaya terlihat sholeh,” pesannya.

 

Ia pun melanjutkan tips kelima, yaitu membiasakan melakukan amalan baik secara rahasia.

 

“Kelima, biasakan melakukan amal baik secara rahasia. Supaya membiasakan hati kita nyaman,” lanjutnya.

 

Amalan yang dilakukan pun harus atas nama Allah dan tidak boleh pamrih atau mengarap imbalan.

 

“Maka ketika kita berani beramal apapun karena Allah, jangan pamrih, jangan mengharap imbalan,” tegas Dosen Universitas Nadhlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro ini.

 

Disambungnya untuk yang keenam adalah jangan terpengaruh dengan pujian dan celaan.

 

“Persetan dengan komentarnya orang. Tak acuh terhadap komentar orang lain, tidak baper bawa perasaan, dan tidak mudah putus asa," terangnya.

 

Dan yang ketujuh adalah jangan bosan berdoa untuk minta ikhlas. "Juga jangan putus asa mencari ikhlas karena sulitnya meraih keikhlasan. Jadi, jangan baperan pun jangan putus asa,” tekannya.

 

Penulis: Charline


Metropolis Terbaru