• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Tapal Kuda

Tips Mendidik Anak Ala Ning Widad Pasuruan

Tips Mendidik Anak Ala Ning Widad Pasuruan
Ning Hj Widad Bariroh. (Foto: Tangkap Layar @TV9)
Ning Hj Widad Bariroh. (Foto: Tangkap Layar @TV9)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ning Hj Widad Bariroh menyampaikan sejumlah tips dalam mendidik anak secara islami. Hal itu diungkapkan Ning Widad saat acara More Ning Show yang disiarkan di kanal youtube TV9, Jum'at (22/07/2022). Ia menyebutkan, mendidik anak tidak butuh orang tua yang terbaik, tetapi butuh orang tua yang bahagia.


"Kuncinya mendidik anak adalah harus saling membahagiakan," ujar Wakil Kepala Pesantren Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan itu.


Ia menyebutkan, rasa bahagia dapat menular kepada lawan bicara. Untuk itu, untuk membahagiakan seorang anak perlu rasa bahagia yang dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Menurutnya, saat ini banyak orang tua yang melakukan kekerasan dengan dasar membahagiakan anaknya, dan hal tersebut merupakan suatu hal yang keliru.


"Jadi, tips mendidik anak yang paling dasar adalah kita sebagai orang tua harus bahagia terlebih dahulu," ungkapnya.


Lebih lanjut, Ning Widad mengatakan, bahwa anak itu merupakan orang lain yang dititipkan oleh Allah kepada orang tua masing-masing.


"Dan, makhluk yang paling sulit diatur di dunia ini yaitu manusia. Karena yang mengatur manusia, jadi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda," ujarnya.


Ning Widad juga menyebutkan, bahwa anak itu bukan investasi. Karena anak itu tidak bisa memilih mau lahir dari ibu yang mana dan bagaimana, bahkan pertumbuhannya pun bawaan dari Allah.


"Yang membuat anak itu besar, berkembang dan memiliki kecerdasan itu bukan kita, tetapi Allah. Kita sebagai orang tua hanya fasilitator saja. Oleh karena itu, jangan berharap anak akan membalas kita," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru