• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

Inovasi Dakwah, Pesantren Bumi Sholawat Luncurkan Progresif TV

Inovasi Dakwah, Pesantren Bumi Sholawat Luncurkan Progresif TV
Peluncuran Progresif TV milik Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, Ahad (20/02/2022). (Foto: Istimewa)
Peluncuran Progresif TV milik Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, Ahad (20/02/2022). (Foto: Istimewa)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Literasi dakwah melalui media saat ini merupakan suatu keniscayaan. Hal tersebut disambut baik oleh Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo dengan meluncurkan Progresif TV pada Ahad (20/02/2022).

 

KH Agoes Ali Masyhuri, Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat mengatakan bahwa umat Islam harus menguasai media agar dapat membangun narasi-narasi positif.

 

“Barang siapa yang mampu menguasai media berarti mempunyai separuh peluang menguasai opini publik,” kata Gus Ali.

 

Ia menjelaskan, opini publik dapat dibangun dan dirusak apabila kalah di media.

 

“Jika kita kalah di media, derajatnya akan rendah. Contohnya ketika ada berita seorang guru ngaji melakukan tindakan tidak baik kepada santri, itu akan menjadi tranding topik di seluruh media. Sebaliknya jika ada prestasi santri yang membanggakan tidak pernah sama sekali muncul di media. Itulah akibatnya jika kita tidak memiliki media,” jelasnya.

 

Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu menambahkan, dakwah di era saat ini memiliki tantangan tersendiri.

 

“Dakwah di era saat ini semakin susah. Tantangannya bukan hanya dari luar, namun juga dari dalam sendiri,” tambahnya.

 

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengungkapkan, perkembangan alat komunikasi dan teknologi berkembang sangat pesat. Kegiatan manusia yang semula dilakukan secara manual saat ini menjadi terdigitalisasi.

 

“Saat ini semua kegiatan bisa kita lakukan dalam genggaman. Sehingga apa yang diinisasi oleh KH Agoes Ali Masyhuri dalam meluncurkan Progresif TV merupakan langkah yang sangat tepat. Apalagi turut ditunjang oleh kualitas signal yang baik di Jawa Timur,” ungkapnya.

 

Selain itu, Khofifah memaparkan bahwa potensi adanya Progresif TV sangat besar. Hal ini dilihat dari data pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat dan pada tahun 2021 mencapai angka 73,7 persen dari seluruh warga Indonesia.

 

“Ini adalah referensi bagi kita bahwa masyarakat banyak yang mengakses informasi sosial, ekonomi, dan agama melalui internet. Dari posisi ini maka dakwah bil IT merupakan sebuah kebutuhan,” pungkasnya.

  

Kegiatan tersebut turut dimeriahkan dengan sarasehan Inovasi Literasi Dakwah Digital oleh Bupati Sidoarjo H Muhdlor Ali, Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani, dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi.


Editor:

Metropolis Terbaru