• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU Sidoarjo Luncurkan Juklak Kaderisasi

IPNU-IPPNU Sidoarjo Luncurkan Juklak Kaderisasi
Peluncuran juklak kaderisasi PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Peluncuran juklak kaderisasi PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sidoarjo meluncurkan juklak dan pedoman pelaksanaan kaderisasi terbaru. Kegiatan yang juga dirangkai dengan lomba debat pelajar tersebut dilaksanakan di Aula Badan Pelaksana Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BPPMNU) Tulangan, Sidoarjo, Ahad (26/06/2022).


Ketua PC IPPNU Sidoarjo, Aisyah Nur Afifah Maulidiyyah menyampaikan, adanya juklak ini sebagai pedoman dalam melaksanakan pengkaderan di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) maupun Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU di Sidoarjo.


“Juklak ini bukan menjadi acuan yang sangat mutlak, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di setiap lingkungan masing-masing. Tentunya dengan selalu berkomunikasi dengan Pimpinan Cabang,” ujar alumni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tersebut.


Aisyah berharap, dengan terbitnya juklak kaderisasi terbaru ini, dapat dijadikan sebagai pedoman dan pegangan agar sistem kaderisasi berkembang dengan baik dan sesuai petunjuk jalur yang sudah ditentukan.


“Semoga kita dapat selalu bersinergi dan berjalan bersama dalam menghidupkan sistem kaderisasi yang berjalan sesuai dengan administrasi. Sehingga pengkaderan di Sidoarjo dapat tumbuh dan berkembang serta hasilnya dapat terlihat nyata,” harapnya.


Sementara Wakil Ketua 2 Bidang Kaderisasi PC IPPNU Sidoarjo, Alvin Maulidiyah mengatakan, juklak kali ini tidak jauh berbeda dengan pedoman kaderisasi sebelumnya.


“Hanya terdapat penyesuaian sistem dan penambahan analisis teknologi terbaru dalam pelaksanaannya,” katanya.


Dirinya menyebutkan, bahwa juklak tersebut dibuat untuk dapat diterapkan dalam melaksanakan tingkat kaderisasi IPNU-IPPNU, berupa Latihan Kader Muda (Lakmud) dan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).


Anggota Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Tulangan itu menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi apapun yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan kaderisasi nantinya.


​​​​​​​“Juklak kali ini isinya sangat lengkap, mulai dari pelaksanaan dan kisi-kisi materi terbaru yang disampaikan dalam kegiatan kaderisasi nantinya,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru