• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

Ketua Umum MUI Jatim Ajak Rajut Harmoni Kehidupan Beragama dan Bernegara

Ketua Umum MUI Jatim Ajak Rajut Harmoni Kehidupan Beragama dan Bernegara
Ketua Umum MUI Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah. (Foto: NOJ)
Ketua Umum MUI Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah mengajak semua elemen bangsa, terutama umat Islam di Jatim untuk melakukan refleksi menjelang pergantian tahun.

 

“Dalam rangka memperbaiki kualitas keimanan, meneguhkan ukhuwah dan meningkatkan daya saing SDM bangsa yang unggul atau khaira ummah di dunia internasional,” kata Kiai Mutawakkil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/12/2020)  pagi.

 

Menurut Kiai Mutawakkil, pergantian tahun merupakan sunnatullah dan hendaknya menjadi refleksi atau muhasabah bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan.

 

Berikut amanah Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menjelang akhir tahun 2020:

 

1. MUI Jatim mengajak umat Islam untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai bagian dari upaya penyempurnaan diri.

 

2. MUI mengajak masyarakat Jawa Timur untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjauhkan diri dari kerumunan dalam menyambut tahun baru 2021 karena itu awal dari penyebaran Covid-19.

 

3. Hindarkan jenis perayaan apapun yang berpotensi mengganggu kepentingan umum.

 

4. Perkuat komitmen untuk hidup lebih baik dan mulia di hadapan Allah SWT dan sesama warga pada tahun 2021.

 

5. Senantiasa memperkokoh rajutan harmoni kehidupan beragama dan bernegara di tengah kebinekaan bangsa Indonesia.

 

Di akhir pernyataan, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo ini berharap semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada bangsa Indonesia guna mewujudkan negara baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

 

“Khususnya persatuan umat Islam di Jawa Timur semakin nyata terbangun dalam mewujudkan harmoni kehidupan beragama dan berbangsa,” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru