• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Parlemen

Pemprov Jatim Harus Atasi Kenaikan Sejumlah Harga Pangan

Pemprov Jatim Harus Atasi Kenaikan Sejumlah Harga Pangan
Cabai, salah satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. (Foto: NOJ/we)
Cabai, salah satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. (Foto: NOJ/we)

Surabaya, NU Online Jatim
Akhir Desember selalu diramaikan dengan peringatan Natal dan Tahun Baru. Sektor pangan turut menandai peringatan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya. Empat komoditas bahan pokok terpantau mengalami kenaikan yang signifikan. Diantaranya daging sapi, ayam potong, telur, dan cabai. 

 

Kenaikan sejumlah bahan pangan ini turut disoroti Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah. Menurutnya, program Lumbung Pangan Jatim bisa menjadi alternatif solusi untuk menekan kenaikan harga.

 

“Lumbung pangan Jatim membeli produk para petani secara langsung. Sehingga harga yang dijual terjangkau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Dengan begitu, tengkulak nakal tidak bisa mempermainkan harga saat permintaan tinggi,” katanya, Selasa (29/12/2020).

 

Oleh karena itu, anggota komisi E DPRD Jatim ini menekan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim segera mengambil tindakan tegas sebagai langkah antisipasi.

 

“Pemprov harus segera melakukan koordinasi dan mengambil langkah cepat dengan operasi pasar. Karena sama saja jika ada program lumbung pangan tapi kemudian harga tidak stabil,” pungkasnya.


Parlemen Terbaru