• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Kisah Mutia, Peserta Kongres IPPNU Tempuh Perjalanan 7 Hari dari Papua

Kisah Mutia, Peserta Kongres IPPNU Tempuh Perjalanan 7 Hari dari Papua
Mutia Amanah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Sorong, Papua Barat menempuh perjalanan 7 hari menuju arena Kongres. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Mutia Amanah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Sorong, Papua Barat menempuh perjalanan 7 hari menuju arena Kongres. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Jakarta, NU Online Jatim
Kongres XIX Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jum'at-Senin (12-15/08/2022). Guna menyukseskan helatan ini, tak sedikit peserta yang menempuh perjalanan selama berhari-hari, salah satunya adalah Mutia Amanah.


Ia merupakan Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Mutia mengaku berangkat dari pulau di ujung timur Indonesia itu bersama rombongannya yang berjumlah 11 orang.


“Perjalanan dari Kabupaten Sorong hingga Jakarta Timur ditempuh selama sepekan atau 7 hari. Saya berangkat sejak tanggal 5 Agustus 2022 lalu, dan baru tiba Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Kamis (11/08/2022),” ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (14/08/2022).


Ia menceritakan, pada Sabtu (06/08/2022) Mutia bersama rombongan mulai naik kapal menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Perak, ia mesti transit terlebih dahulu di empat pelabuhan yang berbeda.


Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Perak, pihaknya dijemput oleh tim akomodasi yang difasilitasi oleh PWNU Jawa Timur. Kemudian, diantarkan menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya untuk menuju Stasiun Pasar Senen, Jakarta.


“Alhamdulillah, selama perjalanan 12 jam di kereta api dari Surabaya, kami sampai pukul 01.00 WIB dini hari di Jakarta pada Jum'at (12/08/2022),” jelas Mutia.


Ia menyampaikan, salah satu motivasi terbesar menghadiri Kongres adalah karena agenda ini merupakan momen yang sangat luar biasa. Ia mengaku menjadi kebanggaan tersendiri jika turut andil dalam momen permusyawaratan tertinggi organisasi pelajar NU tersebut.


“Kesan dalam perjalanan ini sangat menyenangkan. Banyak sekali momen dan pengalaman yang didapat di sini. Dari saling berbagi dan saling menjaga antar teman, serta hal-hal lainnya,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru