• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

LAZISNU Sidoarjo Bekali Warga Keterampilan Budidaya Tanaman Hias

LAZISNU Sidoarjo Bekali Warga Keterampilan Budidaya Tanaman Hias
Pelatihan budidaya tanaman hias bagi ODS stabil yang diadakan oleh NU Care-LAZISNU Sidoarjo bekerjasama dengan UPZIS LAZISNU Desa Kraton, Senin (28/06/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Pelatihan budidaya tanaman hias bagi ODS stabil yang diadakan oleh NU Care-LAZISNU Sidoarjo bekerjasama dengan UPZIS LAZISNU Desa Kraton, Senin (28/06/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Unit Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah (UPZIS) LAZISNU Desa Kraton, Kecamatan Krian mengadakan pelatihan budidaya tanaman hias di balai desa setempat, Senin (27/06/2022).


Pengurus NU Care-LAZISNU Sidoarjo sekaligus koordinator Program Cheers Kabupaten Sidoarjo Lilik Azkiyatul Masruroh mengatakan, pelatihan tersebut diperuntukkan bagi sejumlah Orang Dengan Skizofrenia/gangguan mental (ODS) yang sudah stabil dan tinggal di Desa Kraton.


Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai program lanjutan dari pendampingan ODS yang telah dilakukan oleh kader kesehatan jiwa selama satu tahun. Dalam pelatihan tersebut, panitia menghadirkan nara sumber yang ahli di bidangnya.


“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada ODS stabil, sehingga mereka bisa membaur dan berintegrasi kembali dengan masyarakat. ODS stabil ini membutuhkan kegiatan rutin dan keterampilan,” katanya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut, Lilik menegaskan, para ODS tersebut mendapatkan bantuan modal usaha berupa pelatihan budidaya tanaman hias dan pupuk sebagai media untuk menanam tanaman hias. Setelah pelatihan, masing-masing ODS stabil mendapatkan tujuh macam tanaman hias yang berbeda untuk dibawa pulang.


“Keluarga ODS stabil yang turut hadir pada kegiatan tersebut, tampak senang melihat keluarganya mengikuti pelatihan dan praktek menanam tanaman hias di pot bunga mengikuti pelatihan dan praktek menanam tanaman hias di pot bunga,” tegasnya.


Sementara itu, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Krian Muhaimin, mengapresiasi atas terlaksananya pelatihan ini karena sangat bermanfaat bagi umat. Menurutnya, orang yang paling baik adalah bermanfaat bagi lainnya.


“Alhamdulillah, sekarang juga ada program Seribu Angkringan Santri dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan PCNU Sidoarjo. Harapan saya, ada ODS stabil yang bisa menerima rombong angkringan agar mereka bisa berwirausaha sebagaimana warga yang lainnya,” ungkapnya.


Kepala Desa Kraton Mokhamad Mashudi berharap, ilmu yang didapatkan oleh peserta pelatihan ke depan bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik.  


“Kami berharap, ilmu pelatihan menanam tanaman hias ini bisa dipraktikkan dan dimanfaatkan agar setiap hari mereka memiliki rutinitas,” harapnya.


Acara ini dihadiri oleh pengurus NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Ketua MWCNU Krian dan Kepala Desa Kraton. Tampak hadir pula, Koordinator Program Cheers Kabupaten Sidoarjo dan Kecamatan Krian, pengurus UPZIS LAZISNU Desa Kraton serta tamu undangan lainnya. 


Editor:

Metropolis Terbaru