• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Metropolis

LAZISNU Sidoarjo Jalin Kerja Sama dengan Alfamart dan Indomart Himpun Donasi

LAZISNU Sidoarjo Jalin Kerja Sama dengan Alfamart dan Indomart Himpun Donasi
KOtak Infaq LAZISNU. Foto: Istimewa
KOtak Infaq LAZISNU. Foto: Istimewa

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Sidoarjo menjalin kerja sama dengan Almart dan Indomart. Kerja sama yang dijalin ini adalah  penghimpunan donasi manual atau berbasis Kotak Infaq NU Peduli.


“Sebetulnya kami mengharapkan kerja sama berkelanjutan melalui penghimpunan donasi kembalian dari konsumen yang berjalan melalui sistem payroll, namun ternyata sudah ada kerja sama yang mengikat dengan Pengurus Pusat (PP) LAZISNU,” kata Abdul Mujib, Ketua PC NU Care LAZISNU Sidoarjo saat dihubungi NU Online Jatim, Sabtu (05/11/2022) pagi.  


Selain itu, ada kesepakatan bahwa PC LAZISNU Sidoarjo dapat memfasilitasi produk UMKM Binaan NU secara umum agar bisa didisplay di rak yang ada di dalam gerai.


Menurut Mujib, kerja sama ini terjalin berkat peran berbagai pihak, khususnya PCNU dan lebih khusus  Bupati Sidoarjo, H Ahmad Muhdlor Ali. 


“Gus Muhdlor begitu care dan bisa merangkul semua pihak dalam upaya bersama untuk pembangunan Sidoarjo yang berkelanjutan,” ujarnya. 


Pengelolaan KOIN NU Peduli tersebut akan menjadi tanggungjawab UPZIS Kecamatan. Pelaksanaannya melalui Divisi Penghimpunan dan Pengembangan PC LAZISNU Sidoarjo menyiapkan logistik kotak dan stiker untuk didistribusikan melalui UPZIS Kecamatan.


“Mayoritas penduduk Sidoarjo adalah umat Islam yang berhaluan AhluSunnah Wal Jama'ah, sehingga penting bagi warga NU khususnya  untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqahnya melalui LAZISNU,” ucapnya. 


Lebih lanjut, Mujib menuturkan, sudah menjadi harapan banyak pihak bahwa kerja sama ini bisa dimulai sejak dulu. Namun karena beberapa hal dan pertimbangan kerja sama ini baru bisa dilaksanakan di akhir tahun 2022.


Meski demikian, persiapan dan distribusi kotaknya sudah dilakukan oleh UPZIS Kecamatan walaupun untuk penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) secara resmi masih menunggu informasi dan koordinasi dengan pemangku wilayah yakni Bupati Sidoarjo.


“Tentu kami berharap kerja sama yang baik ini dapat berjalan selamanya. Karena dengan kerja sama ini akan membawa dampak positif yang besar bagi masyarakat Sidoarjo,” tutupnya.


Editor:

Metropolis Terbaru