• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Metropolis

Lewat Safari Ramadhan, Mahasiswa di Bawean Asah Kepedulian Sosial

Lewat Safari Ramadhan, Mahasiswa di Bawean Asah Kepedulian Sosial
Safari Ramadhan mahasiswa STIT Raden Santri Gresik Bawean. (NOJ/Aminuddin)
Safari Ramadhan mahasiswa STIT Raden Santri Gresik Bawean. (NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Santri Gresik Bawean menggelar Safari Ramadhan dengan membagikan paket sembako, santunan anak yatim dan dhuafa di beberapa titik di kawasan setempat. Kegiatan mengangkat tema "Safari Ramadhan berbagi dan menginspirasi".


"Acara ini merupakan kepedulian mahasiswa untuk membantu masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi," kata Ahmad Buruddin, Dosen STIT Raden Santri Gresik Bawean.


Selain itu, juga digelar pengajian umum di beberapa tempat, pembagian takjil dan khatmil Qur'an. Hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan mahasiswa kampus setempat setiap Ramadhan. Sedangkan puncak kegiatan digelar di Masjid Baiturrahman, Desa Gunungteguh,  Kecamatan Sangkapura, Rabu (27/04/2022).


Ahmad Buruddin, Dosen STIT Raden Santri Gresik Bawean mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan Safari Ramadhan ini agar mahasiswa memiliki jiwa kepedulian sosial yang tinggi terhadap orang yang kurang mampu.


"Harapan ke depannya bagaimana kegiatan ini terus berlanjut dan tidak hanya di bulan Ramadhan, akan tetapi di hari-hari biasa juga bisa dilakukan," harapnya.


Sementara, Khosyi Wahyunul Haq, mahasiswa semester IV STIT Raden Santri Gresik Bawean yang juga sebagai salah satu panitia menjelaskan kegiatan digelar karena banyaknya masyarakat Bawean yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Maka itu, dianggap perlu untuk juga mendapatkan santunan.


"Adapun dana yang kita kumpulkan untuk kegiatan ini diperoleh dari open donasi dan kerja sama seperti dengan Instansi pemerintahan, mini market, bahkan hingga turun ke jalan," katanya.


Pembagian sembako dan santunan menyentuh kawasan Desa Tambak dan Desa Daun. Juga Desa Gunungteguh. Termasuk dibagikan ratusan paket takjil selama kegiatan diselenggarakan. 


Editor:

Metropolis Terbaru