• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Metropolis

Jelang Lebaran, Ratusan Yatim dan Dhuafa di Sidoarjo Disantuni LAZISNU

Jelang Lebaran, Ratusan Yatim dan Dhuafa di Sidoarjo Disantuni LAZISNU
Penyerahan santunan kepada anak yatim oleh UPZIS LAZISNU Desa Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Penyerahan santunan kepada anak yatim oleh UPZIS LAZISNU Desa Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Menjelang lebaran, ratusan anak yatim dan dhuafa terlihat bahagia usai menerima santunan dari Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Makomus Syakur desa setempat, Selasa (26/04/2022).


Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Bangsri, Ustadz Husnuddin menuturkan, kegiatan santunan anak yatim dan dhuafa tersebut diharapkan bisa memperkuat ukhuwah Nahdliyah, karena dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama.


“Kegiatan buka bersama dan santuan yatim dhuafa ini sebetulnya sudah berlangsung lama, namun belum terkoordinasi, dilaksanakan sendiri-sendiri per dusun,” tuturnya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut, Husnuddin berharap, UPZIS LAZISNU Desa Bangsri ke depan tidak hanya menyalurkan program santunan yatim dan dhuafa saja, melainkan juga menyalurkan program bantuan modal usaha untuk kemandirian warga binaan.


“Mudah-mudahan kaleng Koin NU setelah lebaran bisa berjalan dengan berkoordinasi bersama beberapa elemen masyarakat, termasuk Pemerintah desa (Pemdes). Karena Pemdes Bangsri sangat mendukung keberadaan LAZISNU ini,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua UPZIS LAZISNU Desa Bangsri Ahmad Efendi mengatakan, kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi dengan PRNU, Fatayat NU, Muslimat NU, takmir masjid serta para donatur. Adapun santunan yang diberikan berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp170 ribu kepada 57 anak yatim dan paket sembako untuk 149 warga dhuafa. 


“Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi titik awal dari pergerakan LAZISNU Desa Bangsri. Semoga santunan yatim ini tahun depan tidak hanya difokuskan di bulan Ramadhan saja, tapi juga di bulan Muharram. Selain itu, semoga semua program yang kita cetuskan nanti bisa terealisasi,” kata mantan Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukodono tersebut.


Sementara Suwarni (60), salah satu janda dhuafa warga RT 010 RW 004 Desa Bangsri yang menerima santunan tersebut mengaku bahagia setelah dibantu oleh UPZIS LAZISNU Desa Bangsri menjelang Hari Raya Idul Fitri.


“Alhamdulillah, saya senang sekali, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Terima kasih kepada semua pengurus LAZISNU, Muslimat, Fatayat,” ujar ibu tiga anak ini.


Metropolis Terbaru