• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Libur Lebaran, Sejumlah Daerah di Jatim Tutup Tempat Wisata

Libur Lebaran, Sejumlah Daerah di Jatim Tutup Tempat Wisata
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Setidaknya ada 10 kabupaten/ kota di Jawa Timur yang tidak membuka tempat wisata di daerahnya saat libur lebaran 2021. Penutupan tempat wisata di daerah-daerah tersebut beragam. Ada yang ditutup terbatas maupun total.

 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan, sejumlah kepada daerah di Jatim telah menerbitkan kebijakan tentang penutupan tempat wisata.

 

"Beberapa kabupaten kota sudah melakukan penutupan atau pembatasan operasional," kata Emil dikutip detikcom, Rabu (12/05/2021).

 

Menurut Emil, setidaknya sudah lebih dari 10 daerah yang menerbitkan instruksi tersebut. "Sejauh ini lebih dari 10 daerah sudah menerbitkan instruksi. Ada yang tutup total, ada yang melakukan pembatasan di sebagian destinasi yang dibuka. Khusus Bromo ada penutupan oleh pengelola (Taman Nasional)," ungkapnya.

 

Sedangkan 10 tempat wisata, lanjut Emil, mayoritas tutup total. Artinya, daerah tersebut telah menerbitkan instruksi untuk penutupan.

 

Adapun Kabupaten/Kota yang melakukan penutupan obyek wisata sementara saat libur Lebaran yaitu Bondowoso, Kabupaten Madiun, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Jember, Kota Kediri, Kabupaten Kediri (secara formal tutup, yang buka uji coba 3 destinasi tempat wisata yang buka), Kabupaten Blitar, dan Kota Probolinggo (sebagian tutup).

 

 

Selain itu dari 7 rayon wilayah pembatasan atau penyekatan, TNI Polri dan Pemda telah mengidentifikasi lokasi wisata rawan kerumunan. Seperti pantai selatan Malang, Wisata bahari Lamongan, Bromo dan wisata Batu.


Editor:

Metropolis Terbaru