• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Metropolis

Pemuda Alumni Sudan Gabung Ansor, Ikut PKD di Sidoarjo

Pemuda Alumni Sudan Gabung Ansor, Ikut PKD di Sidoarjo
Mukaffi Ahmad (tangah).
Mukaffi Ahmad (tangah).

Sidoarjo, NU Online Jatim 
Lulus sarjana dari International University of Africa Sudan tidak membuat  Mukaffi Ahmad canggung untuk mengikuti Pendidikan Kader Dasar (PKD) Gerakan Pemuda (GP) Ansor.
 

Dengan niat teguh dan semangat yang tinggi, Mukaffi mengikuti PKD yang diadakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Tarik, Kabupaten Sidoarjo sejak Jumat hingga Ahad (17-19/12/2021) lalu.
 

“Saya bersama Gus Nabil dan Gus Ismail ingin berkhidmat dan berproses di Ansor dari bawah,” ungkap pemuda asal Kecamatan Wonokromo Surabaya ini kepada NU Online Jatim, Kamis (23/12/2021).
 

Mukaffi yang selama kuliah di Sudan empat tahun aktif di Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan termotivasi mengikuti PKD guna lebih dekat dengan para masyayikh dan ulama.
 

“Para kiai kan mengemban amanah penting untuk kepentingan kebaikan dan kemajuan umat, masyarakat bangsa, dan negara. Maka dari itu saya ingin kecipratan barakah,” ujarnya.
 

Menurut Mukaffi, Ansor adalah bagian dari organisasi kader. Oleh kaena itu, jika ingin berjuang secara kaffah harus mengikuti ketentuan dan aturan main yang telah ada. Ia mengaku siap mengikuti jenjang pengkaderan di GP Ansor selanjutnya.
 

“Iya pasti akan mengikuti PKL setelah ini. PKL kan jenjang kelanjutan dari PKD, tentu harus ikut,” ungkapnya.
 

Namun, ia mengaku untuk mengikuti Pendidikan Kader Lanjut (PKL) akan mempertimbangkan waktu yang pas di tengah-tengah kesibukan bekerja dan kuliah.
 

Sementara itu, Mokhamat Iqbal selaku ketua PAC GP Ansor Tarik mengaku bangga karena PKD yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Balongmacekan diikuti oleh para gawagis.
 

“Ini menjadi pengalaman pertama yang luar biasa bagi Ansor Tarik, dari sini kita banyak belajar untuk sungguh-sungguh berkhidmat. Semoga dengan semakin bertambahnya kader Ansor dinamika keorganisasian di Tarik lebih progressif,” ungkapnya melalui sambungan WhatApp.
 

Baca juga: Gus Kautsar Salut, Banser Naik Motor dari Papua demi Amankan Muktamar NU

 

Sebagai informasi, saat ini alumni PKD PAC GP Ansor Tarik melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan melaksanakan pengkaderan di tingkat ranting selama tiga bulan.
 

“Setelah melaksanakan RTL ini selama tiga bulan, sertifikat PKD baru bisa diberikan,” pungkas Iqbal.


Editor:

Metropolis Terbaru