• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Peran Istimewa 2 Pelajar Asal Banyuwangi di Istana Merdeka saat Upacara HUT Ke-77 RI

Peran Istimewa 2 Pelajar Asal Banyuwangi di Istana Merdeka saat Upacara HUT Ke-77 RI
Ayumi Putri Sasaki (tengah) saat bertugas membawa Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/08/2022). (Foto: tangkapan layar Youtube Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden).
Ayumi Putri Sasaki (tengah) saat bertugas membawa Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/08/2022). (Foto: tangkapan layar Youtube Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden).

Surabaya, NU Online Jatim

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) telah selesai dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (17/08/2022). Ada dua pelajar asal Kabupaten Banyuwangi yang turut berperan dalam rangkaian upacara tersebut.


Keduanya adalah Ayumi Putri Sasaki (17) dan Farel Prayoga. Mereka berdua tampil saat upacara HUT ke-77 RI di hadapan Presiden Joko Widodo, para pejabat negara dan tamu undangan lainnya.


Ayumi memiliki peran istimewa sebagai pembawa Sang Merah Putih saat upacara penurunan dalam rangkaian HUT ke-77 RI. Ia merupakan salah satu anggota pasukan delapan Paskibra yang tergabung dalam tim Pancasila Sakti.


”Saya mohon doa semoga lancar. Saya sendiri belum tahu apakah nanti Ayumi membawa baki untuk pagi atau sore hari,” ujar ibunda Ayumi, Agusnita Fitriani alias Nita sebelum anaknya dipastikan sebagai pembawa baki dikutip dari radarbanyuwangi.jawapos.com.


Ayumi dinyatakan lolos sebagai anggota paskibra nasional pada Selasa (17/5). Ia kemudian terbang ke Jakarta untuk mengikuti karantina yang dilaksanakan tim pelatih Paskibra Istana Negara sejak 15 Juli lalu.


Diketahui, sejak menjadi polisi cilik (pocil) di bangku sekolah dasar (SD) dulu, Ayumi sudah tertarik masuk polisi. Begitu lulus SMP, orang tuanya mendaftarkan Ayumi di SMAN 2 Taruna Bhayangkara.


Minimal setelah lulus dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara, Ayumi bisa menggapai cita-citanya sebagai anggota Polri. Dara yang pernah menjadi penari gandrung termuda pada pembukaan Porprov Jatim ke-5 di Banyuwangi itu selalu menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap prima.


Farel nyanyi

Sementara itu, Farel Prayoga tidak kalah menarik perhatian saat tampil di Istana Jakarta. Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Banyuwangi ini tampak tidak gugup saat diberik kesempatan bernyanyi di hadapan Jokowi dan tamu lainnya.


Penyanyi cilik ini menyanyikan lagu berjudul ‘Ojo Dibandingke’ di panggung kecil yang disediakan panitia. Farel bahkan berhasil membuat para pejabat berjoget saat dirinya bernyanyi. Termasuk Ibu Iriana Jokowi dan para menteri terlihat bergoyang mengiringi music saat Farel bernyanyi.


Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, pihaknya mengundang Farel Prayoga secara mendadak. Namun, ia bersyukur Farel bisa datang memenuhi undangan tersebut dan menjadi pengisi acara kesenian di hari spesial ini.


“Mas Farel ini dicari tidak kurang dari 24 jam. Alhamdulillah bisa datang di Istana dan menyanyi yang diminta oleh Bapak Presiden dan Ibu Negara,” katanya dalam siaran langsung Kompas TV dikutip Solopos.com.


Bocah 12 tahun itu tampil energik dalam balutan setelan busana hitam dan hiasan kepala. Tak lupa ada jarit yang dipakai sebagai aksen untuk menyempurnakan penampilan.


Editor:

Metropolis Terbaru