• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Metropolis

PORSENI NU

Prestasi Olahraga dan Seni Diharap Perkuat Olah Jiwa dan Akal Budi

Prestasi Olahraga dan Seni Diharap Perkuat Olah Jiwa dan Akal Budi
Kontingen PWNU Jatim juara umum Porseni NU 2023. (Foto: NOJ/ Media Center PWNU Jatim)
Kontingen PWNU Jatim juara umum Porseni NU 2023. (Foto: NOJ/ Media Center PWNU Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Kontingen Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) 2023. Raihan gemilang di kompetisi olahraga itu memantik apresiasi sejumlah pihak, termasuk jajaran Syuriyah PWNU Jatim.


“Selamat dan sukses atas keberhasilan PWNU Jawa Timur sebagai juara umum  Porseni NU di Solo,” ujar Wakil Rais PWNU Jatim, KH Abd Hadi Mahfudz beberapa waktu lalu.


Ia mengatakan, pencapaian tersebut hendaknya menjadi titik awal atas kaidah ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Oleh karenya, ia berharap kesuksesan dalam olahraga dan olah seni dapat memperkuat olah jiwa dan akal budi.


Dirinya menambahkan, torehan apik tersebut akan tercatat sebagai persembahan terbaik sekaligus kado istimewa menjelang 1 abad NU. “Serta, menjadi wasilah khidmat jamiyah semua yang terlibat dalam kontingen PWNU Jatim,” ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh KH Matin Djawahir selaku Wakil Rais PWNU Jatim sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Bejagung Tuban. Pihaknya berharap, keberhasilan itu menjadi pelecut spirit peningkatan harakah dan amaliyah dalam berjamiyah.


“Semoga keberhasilan yang kita raih menjadi awal semangat peningkatan harakah dan amaliyah dalam menjunjung tinggi Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.


Sebagai informasi, pada ajang olahraga dan seni perdana yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu PWNU Jatim meraih 54 medali. Rinciannya, 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu.


Peringkat kedua ditempati kontingen PWNU DKI Jakarta. Ia menyabet 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Sementara delegasi PWNU Jateng di posisi ketiga meraih 7 emas, 11 perak, dan 16 perunggu.


Di Porseni NU 2023, PWNU Jatim mengutus sebanyak 459 atlet, yang terbagi dalam dua tim, yakni tim Jawa Timur 1 dan Jawa Timur 2. Mereka beradu ketangkasan di tujuh cabang lomba, yaitu MQK, MTQ, hafalan Alfiyah, sepak bola, bola voli, bulu tangkis, dan pencak silat.


Metropolis Terbaru