• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

Saksikan Besok, Drama Sejarah Lambang NU di Universitas Ciputra Surabaya

Saksikan Besok, Drama Sejarah Lambang NU di Universitas Ciputra Surabaya
Konferensi pers drama semi dokumenter Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan di kantor NU Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik)
Konferensi pers drama semi dokumenter Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan di kantor NU Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik)

Surabaya, NU Online Jatim

Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya menyuguhkan sejarah penciptaan lambang NU oleh Kiai Ridlwan dalam pementasan drama semi dokumenter Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan di Auditorium Universitas Ciputra Surabaya pada Selasa (26/10) besok.

 

KH Sholahuddin Azmi alias Gus Udin, Wakil Ketua PCNU Kota Surabaya, mengatakan, pentas seni gabungan yang berlatar belakang sejarah ini baru pertama kali dipentaskan di kalangan Nahdliyin.

 

“Sejarah penciptaan lambang Nahdlatul Ulama tidak semua orang tahu bagaimana lika-liku ikhtiar dan tirakat KH Ridlwan Abdullah ketika ditugasi hadratussyaik KH Hasyim Asy'ari untuk membuat lambang  jelang Muktamar NU yang kedua pada tahun 1927,” katanya di Aula Kantor NU Surabaya, Ahad (24/10).

 

Cucu dari Kiai Ridlwan itu bersyukur bersyukur pada akhirnya sejarah penting itu bisa divisualisasikan melalui Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan oleh Lesbumi dan Lembaga Perekonomian (LPNU) Surabaya.

 

“Terima kasih kepada segenap kru drama semi dokumenter Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan. Semoga dengan pertunjukan drama teatrikal ini ada sesuatu yang bisa kita suri-tauladani  seperti akhlak dan adab beliau-beliau para masyayikh pendiri NU," tuturnya.

 

Sebagai tambahan informasi, pementasan seni ini memadukan unsur seni drama, film dokumentasi serta musik yang akan diselenggarakan pada Selasa (26/10) besok di Auditorium Universitas Ciputra Surabaya pada pukul 19.26 WIB dengan harga tiket Rp100 ribu. Penonton nantinya akan mendapatkan kaus bertemakan Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan.


Metropolis Terbaru