• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Metropolis

Sambut 1 Abad NU, LAZISNU di Sidoarjo Santuni Puluhan Anak Yatim

Sambut 1 Abad NU, LAZISNU di Sidoarjo Santuni Puluhan Anak Yatim
Santunan anak yatim dan dhuafa oleh LAZISNU PRNU Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Ahad (22/01/2023). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Santunan anak yatim dan dhuafa oleh LAZISNU PRNU Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Ahad (22/01/2023). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo menyalurkan Santunan Anak Yatim dan dhuafa.


Kegiatan ini dibingkai dalam acara rutinan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Sukodono yang dipusatkan di Masjid Nurul Huda, Desa Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo, Ahad (22/01/2023) malam.


Ketua LAZISNU PRNU Jumputrejo, M Bahrul Ulum mengatakan, santunan ini dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU, sekaligus menyambut datangnya bulan Rajab 1444 Hijriyah.


“Malam ini kami menyantuni sebanyak 45 anak yatim dan dhuafa se-Desa Jumputrejo. Masing-masing anak mendapatkan santunan berupa uang tunai sebesar Rp100 ribu. Kami berharap ke depan program ini bisa dilaksanakan rutin setiap bulannya,” katanya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut, dirinya menegaskan, banyak program yang telah dilaksanakan oleh LAZISNU PRNU Jumputrejo. Di antaranya adalah santunan anak yatim dan dhuafa, janda dhuafa, orang sakit, dan santunan duka.


“Terima kasih kepada seluruh warga Desa Jumputrejo yang sudah berkenan menjadi donatur kaleng Koin NU Peduli. Adapun hasil perolehan kaleng Koin NU Peduli yang berhasil dihimpun oleh LAZISNU PRNU Jumputrejo saat ini mencapai Rp10-11 juta setiap bulannya,” tegas Ulum, sapaan akrabnya.


Dijelaskannya, dana yang terkumpul tersebut dikelola dan dikembalikan lagi kepada para mustahiq atau orang-orang yang berhak menerima santunan. Ia menambahkan, program-program LAZISNU PRNU Jumputrejo sudah banyak dikenal oleh masyarakat Desa Jumputrejo.


“Kami juga mohon doa restu dan dukungannya untuk rencana program pembelian ambulans, semoga bisa terealisasi secepatnya. Sekitar tiga bulan kemarin kita sudah menyebar kotak infak LAZISNU PRNU Jumputrejo di sejumlah warkop dan toko yang ada di wilayah Desa Jumputrejo dan perolehannya dikhususkan untuk pembelian ambulans,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Jumputrejo, Widarto mengapresiasi atas program-program santunan yang telah dilakukan LAZISNU PRNU Jumputrejo selama ini. Ia mengatakan, LAZISNU Jumputrejo di usianya yang masih muda sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan sangat membantu masyarakat Desa Jumputrejo.


“Mudah-mudahan bisa terus dikembangkan. Termasuk pada malam hari ini memberikan santunan untuk anak yatim dan dhuafa,” ungkapnya.


Diketahui, acara ini dihadiri oleh Ketua PAC GP Ansor Sukodono, Ketua PRNU Jumputrejo beserta badan otonom (banom), serta utusan Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kecamatan Sukodono. Tampak hadir pula pengurus LAZISNU PRNU Jumputrejo, takmir masjid, dan warga sekitar.


Metropolis Terbaru