• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Metropolis

Seleksi Santri Berbakat, Pemerintah Desa di Bawean Gelar Lomba MTQ

Seleksi Santri Berbakat, Pemerintah Desa di Bawean Gelar Lomba MTQ
Pelaksanaan MTQ di Bawean. (Foto: NOJ/Aminuddin)
Pelaksanaan MTQ di Bawean. (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Dalam upaya meningkatkan kemampuan santri, beberapa desa di Bawean menggelar seleksi dalam pencarian bakat melalui Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ). Nantinya para pemenang akan kembali diseleksi di tingkat kecamatan dan seterusnya. Salah satunya digelar oleh pemerintah Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Gresik, Kamis (09/10/2021).

 

"Kegiatan ini merupakan instruksi dari kecamatan sebagai tahap seleksi di tingkat desa, yang kemudian nanti akan diseleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten", papar Abdul Azis, Kepala Desa Daun.

 

Wakil ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean ini berharap, nantinya ada bibit unggul dari Desa Daun yang berhasil ditahap seleksi selanjutnya. Dan dikabarkan bahwa MTQ tinggkat kabupaten nantinya akan digelar di pulau Bawean pada 2022.

 

Terpisah, pengasuh pondok pesantren Tahfidzul Qur'an Kalimalang, Kiai Nashiruddin bersyukur atas prestasi santri-santrinya yang telah memenangkan MTQ di tingkat Desa Daun. Diketahui ada sebanyak tujuh santri yang telah memenangkan dalam lomba tersebut. Di antaranya juara 1 tingkat anak-anak putra, juara 1 tingkat remaja putra, juara 1 tingkat remaja putri, juara 1 tingkat dewasa putra, juara 1 tingkat dewasa putri, juara 2 tingkat dewasa putri dan juara 3 tingkat remaja putra.

 

"Saya sebagai pengasuh berterima kasih atas dukungan dari semua pihak. Semoga santri-santri saya kelak sukses hingga ke tingkat internasional, Amin,” tutup ketua pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Da


Metropolis Terbaru