• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Tengok Semarak Harlah 96 NU di Kepulauan dan Pelosok Desa

Tengok Semarak Harlah 96 NU di Kepulauan dan Pelosok Desa
Peringatan Harlah 96 NU di Kepulauan Kangean, Sumenep, Madura. (Foto: NOJ/Iis Aisyatur Radiyah)
Peringatan Harlah 96 NU di Kepulauan Kangean, Sumenep, Madura. (Foto: NOJ/Iis Aisyatur Radiyah)

Surabaya, NU Online Jatim

Peringatan Harlah ke-96 NU membahana hingga kepulauan pencil di Madura dan pelosok desa. Di Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) cabang setempat memperingati Harlah NU dengan istighatsah kubra dan doa bersama, serta tumpengan sebagai tanda syukur kepada Allah.

 

Dihadiri tiga Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU MTs dan MA Al-Hidayah serta banom-banom NU, acara dilaksanakan di kantor PCNU Kangean pada Senin (31/01/2022) malam. Pengurus dari PCNU Kangean juga hadir.

 

"Dalam peringatan Harlah NU yang ke-96 ini, saya yakin beliau (para Muassis NU) hadir di tengah-tengah kita, saat ini beliau sedang menyaksikan apa yang kita lakukan,” ungkap Fathorrasik, Sekretaris PCNU Kangean.

 

Nurjamiliyah, ketua panitia acara, menyampaikan terima kasih kepada para pelajar NU dan seluruh kader dan Nahdliyin yang hadir pada acara tersebut. “Saya merasa terharu karena ini acara perdana kita IPPNU perempuan-perempuan tangguh yang sudah berjuang untuk suksesnya acara," ujarnya.

 

Di Kabupaten Ponorogo, Pengurus Ranting NU bersama Muslimat NU, GP Ansor, Fatayat NU, dan IPNU-IPPNU Sendang, Kecamatan Ngrayun, merayakan Harlah ke-96 NU dengan menggelar lomba mewarnai, adzan dan tilawah. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai lembaga di desa Sendang.

 

Di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, dan Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, peringatan Harlah NU digelar di serambi masjid pada Selasa (01/02/2022). Di Mrican, acara diinisiasi oleh IPNU-IPPNU setempat. Sementara di Sukosari, GP Ansor sebagai penggagas. Kegiatan yang dilaksanakan ialah khatmil Qur'an, barzanji, tahlil, dan doa bersama.

Adi Purnomo Sidiq selaku Kepala Desa Mrican menyampaikan apresiasi kepada warganya dan sangat bersyukur warganya yang NU bisa mengadakan Harlah NU ke 96 dengan aman dan nyaman. "Terutama kepada anak-anak IPNU dan IPPNU, perlu tahun depan dibangkitkan lagi dan dimeriahkan lagi," ujarnya.

 

Sementara itu, Khusnul Khabib Ketua Ranting GP Ansor Sukosari mengatakan, acara Barzanjian di desanya merupakan acara rutin Ansor Sukosari setiap Rabu Wage yang pada bulan ini berdekatan dengan Harlah NU.

 

Sementara di Kabupaten Gresik, Satkoryon Banser dan Majelis Dzikir Shalawat Rijalul Ansor Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan/Kabupaten Gresik melakukan pengukuhan kepenguruan Satkoryon dan Rijalul Ansor setempat sekaligus Harlah 96 NU di MINU Tratee Putra Gresik, Selasa kemarin.

 

Momen tersebut menjadi salah satu kekuatan dan semangat bagi pengurus dan pimpinan Satkoryon Banser dan MDS RA PAC Gresik. Apalagi hal itu berbarengan pada harlah NU ke 96 dengan bertajuk Menyongsong 100 Tahun NU dengan Merawat Jagad, Membangun Peradaban.

 

Penulis: Iis Aisyatur Radiyah (Kangean), Muh Ali Rohmatulloh (Ponorogo), Zen Muhammad (Ponorogo), M Syafik Hoo (Gresik)


Metropolis Terbaru