• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Metropolis

Tingkatkan Kesadaran Pajak, Unusida MoU dengan DJP Jawa Timur

Tingkatkan Kesadaran Pajak, Unusida MoU dengan DJP Jawa Timur
Unusida jalin MoU dengan DJP Jawa Timur 2 tingkatkan kesadaran pajak. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Unusida jalin MoU dengan DJP Jawa Timur 2 tingkatkan kesadaran pajak. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) kembali melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur 2. Kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pajak tersebut dipusatkan di Kampus Unusida, Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo, Selasa (21/06/2022).


Rektor Unusida, H Fatkul Anam mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya untuk semakin memperkuat dalam mewujudkan bidang inklusi kesadaran pajak. Hal ini sebagai bukti keikutsertaan dan peran Unusida dalam pembangunan nasional untuk memperkuat ekonomi bangsa.


“Melalui kerja sama ini dapat memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk menambah pembelajaran dan pengalaman di bidang perpajakan,” ujar pria yang juga Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Timur tersebut.


Ia menjelaskan, bahwa MoU tersebut akan ditindak lanjuti melalui program yang akan melibatkan mahasiswa serta masyarakat. Ia mengaku akan mengemas program tersebut ke depan dengan maksimal.


Seperti melalui sosialisasi kesadaran pajak atau melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang juga akan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.


Disebutkan, bahwa tahun 2022 ini ada 450 mahasiswa Unusida yang akan diterjunkan ke masyarakat untuk menjalankan program KKN. “Saya rasa ini merupakan momen yang pas untuk dapat dibekali tentang perpajakan ssbelum turun ke lapangan,” jelasnya.


Tak hanya itu, tindak lanjut MoU ini juga dapat berupa FGD Inklusi Kesadaran Pajak, Pajak Goes to Campus atau Pajak Goes to UMKM yang banyak melibatkan mahasiswa.


“Saat ini Unusida memiliki pusat informasi dan belajar pajak di kampus. Hal tersebut guna membantu mengenalkan pajak terhadap seluruh civitas akademika serta masyarakat di sekitar kampus,” ungkapnya


Fatkul Anam juga berharap, melalui kerja sama ini program praktisi mengajar dengan menghadirkan dosen tamu dari DJP Jawa Timur 2 untuk memberikan pemahaman tentang mata kuliah perpajakan di Unusida.


“Semoga melalui kerja sama ini dapat mendukung bidang penelitian bersama yang perlu dikembangkan antar kedua belah pihak, terutama dalam menemukan solusi bagi permasalahan di masyarakat,” katanya.


Sementara Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur 2, Agustin Vita Avantin menyampaikan, bahwa pihaknya juga berusaha dalam membangun tag center untuk menggaungkan kesadaran pajak melalui bidang pendidikan.


Ia menjelaskan, bahwa pajak merupakan pondasi dalam membangun kemandirian bangsa. “Karena pajak yang kita bayarkan adalah untuk kepentingan bersama dalam pembangunan bangsa,” tegasnya.


​​​​​​​“Kami sangat berharap melalui kampus-kampus untuk dapat mengajak dan membangun kesadaran terhadap mahasiswa. Semoga dapat bermunculan para generasi yang paham dan patuh atas pajak untuk kemudian disebarluaskan di masyarakat,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru