• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 April 2024

Metropolis

Tugas Akhir, Mahasiswa PGSD Unusida Gelar Gebyar Seni Nusantara

Tugas Akhir, Mahasiswa PGSD Unusida Gelar Gebyar Seni Nusantara
Pagelaran seni Nusantara oleh Mahasiswa PGSD Unusida. (Foto: NOJ/Ist)
Pagelaran seni Nusantara oleh Mahasiswa PGSD Unusida. (Foto: NOJ/Ist)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar kegiatan Gebyar Seni Nusantara bertajuk 'Melalui Kreativitas Seni dan Budaya Ciptakan PGSD Unusida Berjiwa Nusantara’. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung KBIH Rohmatul Ummah, Sidokumpul, Sidoarjo, Senin (23/01/2023).


Kegiatan ini menjadi salah satu tugas Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa prodi PGSD mulai dari angkatan 2019, 2020 dan 2021. Dalam gebyar seni kali ini, seluruh mahasiswa menampilkan puluhan seni tari dari berbagai daerah Nusantara, diantaranya tari persembahan dari Riau, tari janger dari Bali, tari merak dan tari manuk dadali dari Jawa Barat, tari piring dari Sumatra Barat, tari cublak cublak suweng dari Jawa Timur, dan sebagainnya.


Rektor Unusida, H Fatkul Anam sangat mengapresiasi capaian yang dihasilkan oleh prodi PGSD yang berhasil mengangkat performa Unusida di masyarakat. Sebab, PGSD menjadi satu-satunya prodi yang mendapat akreditasi unggul.


“Di usia yang relatif masih muda yakni 8 tahun, Prodi PGSD menjadi kebanggaan di Unusida itu tidaklah mudah. Ini yang harus kita syukuri dengan kegiatan yang unggul,” ujarnya.


Pihaknya sangat berterima kasih atas perjuangan dosen dan mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Unusida melalui pegelaran yang sangat luar biasa untuk mengangkat seni Nusantara. Ini adalah kegiatan yang dipersiapkan secara mandiri dengan kreativitas.


“Dengan jumlah mahasiswa PGSD yang cukup banyak, mari kita besarkan Unusida dengan semangat dan kebersamaan,” ungkapnya.


Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusida, Nurul Aini berharap akan menjadi kegiatan tahunan di prodi PGSD Unusida. Sebab dapat menjadi sarana mengenalkan Prodi PGSD kepada masyarakat.


“Kegiatan pagelaran seperti ini terakhir dilaksanakan pada 2018 lalu, Alhamdulillah tahun 2023 dapat terlaksana kembali,” jelasnya.


Senada, Kepala Program Studi (Kaprodi) PGSD Unusida, Arie Widya Murni menambahkan, melalui kegiatan pagelaran seni seperti ini bertujuan agar mahasiswa dapat merasakan proses berkreativitas dalam mencintai seni Nusantara. Selain itu, mahasiswa diberikan tugas untuk membuat kegiatan dalam rangka melatih dan mempraktikkan di depan umum materi yang sudah dipelajari.


“Sebelum menjadi guru SD nantinya,  mahasiswa terlebih dahulu dilatih untuk berani dan percaya diri memberi contoh guru teladan dalam mempersiapkan peserta didiknya kelak,” terangnya.


Menurutnya, ini tidak hanya pagelaran seni dan musik Nusantara saja, akan tetapi juga dilengkapi dengan pameran dan bazar karya seni mahasiswa Prodi PGSD.


“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kita untuk mencintai aneka seni budaya di Nusantara yang sangat beragam,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru