• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

Mahasiswa Unusida Dibekali Pengembangan UMKM Digital

Mahasiswa Unusida Dibekali Pengembangan UMKM Digital
Seminar pengembangan UMKM digital kepada mahasiswa oleh BEM Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Seminar pengembangan UMKM digital kepada mahasiswa oleh BEM Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar Seminar Branding UMKM bertajuk 'Optimalisasi Strategi Pengembangan UMKM dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital'. Kegiatan yang diikuti mahasiswa Unusida dan pegiat UMKM ini dipusatkan di Aula Kantor Bakesbangpol Sidoarjo, Sabtu (25/06/2022).


“Kegiatan ini merupakan langkah awal pasca pandemi dalam merevitalisasi UMKM di era digital,” ujar Presiden Mahasiswa (Presma) Unusida, Windi Wulandari.


Ia mengatakan, hal tersebut sebagai ikhtiar mendukung program kampus dan pemerintah dalam melakukan pendampingan UMKM terkait perizinan maupun kehalalan produk. Menurutnya, output atau tindak lanjut dari kegiatan ini agar dapat turut serta dalam mendampingi masyarakat dalam mengembangkan usahanya.


“Dimulai dengan mendata UMKM yang dimiliki oleh mahasiswa untuk kita bantu mendampingi serta mendapatkan izin dan kehalalan produk, khususnya di bidang makanan dan minuman,” jelasnya.


Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi sebagai narasumber menyampaikan, peran serta mahasiswa dalam mendampingi UMKM di Sidoarjo sangatlah penting.


“Hal tersebut untuk meningkatkan pola pikir masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital. Apalagi Sidoarjo termasuk kabupaten yang memiliki ribuan UMKM. Tentu, ini menjadi tantangan kita bersama,” tegasnya.


Dirinya menyebutkan, bahwa pelaku UMKM saat ini harus memenuhi sejumlah aspek agar dapat berkembang secara maksimal. Mulai dari perizinan, permodalan, digital marketing, dan lain sebagainya.


Selain itu, ia mengatakan agar program-program kemahasiswaan harus memperhatikan desa yang memiliki UMKM unggulan. Masyarakat harus didampingi dalam menggunakan media digital yang banyak diminati atau digunakan oleh masyarakat.


“Untuk itu, pemerintah akan terus mengembangkan sistem pengolahan data agar dapat diakses seluruh masyarakat dengan mudah melalui aplikasi hingga platform media sosial,” ungkapnya.


Pihaknya pun sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa untuk membantu menaikkan kualitas UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Oleh karena itu, pihaknya sangat berterima kasih dan akan memfasilitasi semua program mahasiswa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.


“Saya harap mahasiswa Unusida bisa tampil dalam menggairahkan pengembangan UMKM di Kabupaten Sidoarjo,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru