• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Pantura

Aneka Kegiatan Pertengahan Muharram Nahdliyin di Bojonegoro dan Kediri

Aneka Kegiatan Pertengahan Muharram Nahdliyin di Bojonegoro dan Kediri
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Kota Kediri berziarah ke makam wali dalam rangka peringatan bulan Muharram 1443 Hijriyah. (Foto: NOJ/Binti Nuriyati Rahayu
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Kota Kediri berziarah ke makam wali dalam rangka peringatan bulan Muharram 1443 Hijriyah. (Foto: NOJ/Binti Nuriyati Rahayu

Bojonegoro, NU Online Jatim

Bulan Muharram 1443 Hijriyah sudah memasuki pertengahan. Namun, semangat Nahdliyin untuk memperingati bulan istimewa dalam kalender Islam itu belum juga surut. Contohnya Nahdliyin di Kabupaten Bojonegoro dan Kota Kediri.

 

Di Bojonegoro, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Temayang menyemarakkan Muharram 1443 Hijriah dengan mengadakan kegiatan pemberian bantuan sosial kepada dluafa, anak yatim, dan fakir miskin pada Ahad (22/08/2021).

 

Kegiatan tersebut diadakan oleh MWC NU beserta badan otonom, NU Care Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Temayang, dan Baitul Mal wat Tamwil (BMT) At-Tajdid serta para donatur.

 

Ketua MWCNU Temayang Moh Syamsudin mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin MWC NU Temayang di bulan Muharram, terutama pada masa pandemi seperti ini. Ia berharap NU bisa ikut andil membantu masyarakat yang secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19.

 

Ketua panitia Moh Syukron menjelaskan, ada 400 paket sembako yang disalurkan kepada kaum dluafa dan yatim-piatu dalam kegiatan tersebut. Bantuan berupa paket sembako yang isinya beras, minyak goring, gula pasir, dan mie instan.

 

Di Kota Kediri, kader Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kota Kediri memperingati bulan Muharram dengan berziarah ke makam waliyullah, yaitu makam KH Hamim Djazuli, Syaikh Al-Wasil Syamsuddin, Syaikh Ihsan Jampes, dan Syaikh Abdullah Musyad Ngablak.

 

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka doa bersama dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia dan menambah tali silaturrahim antarpengurus PAC Kecamatan Kota dengan ranting-ranting di bawahnya," kata sekretaris pelaksana kegiatan, Titik Munfaridah.

 

Penulis : Muhammad Zainal Muttaqin (Bojonegoro) dan Binti Nuriyati Rahayu (Kota Kediri)

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru