• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pantura

Gelar Pengobatan Gratis, MWCNU Gandeng RSI NU Lamongan

Gelar Pengobatan Gratis, MWCNU Gandeng RSI NU Lamongan
Pengobatan Gratis dari MWCNU Turi bersama RSI NU Lamongan di Dusun Candipari. (Foto: istimewa)
Pengobatan Gratis dari MWCNU Turi bersama RSI NU Lamongan di Dusun Candipari. (Foto: istimewa)

Lamongan, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) NU setempat menggelar pengobatan gratis. Kegiatan itu dipusatkan di Halaman Masjid Qubbah Dusun Candipari Desa Tambakploso Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, Jumat (19/08/2022).


Sekretaris MWCNU Turi, Masyhuda menjelaskan, kegiatan ini diusahakan akan digelar setiap bulan yang penyelenggaraannya dibarengkan dengan kegiatan rutin lailatul ijtima’.


“Jadi, kegiatan lailatul ijtima’ kita laksanakan malam hari, namun siangnya akan kita laksanakan pengobatan gratis bagi warga sekitar,” terangnya.


Ia menambahkan, kehadiran NU secara organisasi juga memiliki dampak secara langsung yang dirasakan oleh masyarakat. Sehingga keberadaan NU tidak hanya sebatas acara ritual keagamaan, namun juga aspek sosial kemasyarakatan, termasuk bidang kesehatan.


"Kami akan terus berupaya dalam merealisasikan program pengobatan gratis," katanya saat ditemui NU Online Jatim.


Sementara itu, Candra selaku Humas RSI NU Lamongan menyampaikan terima kasih atas kerja sama kepada MWCNU Turi. Menurutnya, kegiatan ini juga sinkron dengan komitmen RSI NU Lamongan untuk melakukan aksi-aksi sosial kepada masyarakat dengan lebih dekat.


“Kami ke sini dengan membawa satu dokter, dua perawat dan satu petugas farmasi,” katanya.


Adapun masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini. Puluhan masyarakat berduyun-duyun mendatangi Masjid Qubbah untuk mengecek kondisi kesehatannya.


Warga yang mayoritas berusia lanjut tersebut banyak menyampaikan keluhannya kepada tim medis. Pada saat bersamaan direspons dengan memberikan saran-saran edukatif tentang pencegahan, penanganan serta tata cara meminum obat sesuai dengan kondisi penyakit masing-masing.


Editor:

Pantura Terbaru