• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Madura

Langkah NU di Sumenep Cegah Penyakit di Musim Hujan

Langkah NU di Sumenep Cegah Penyakit di Musim Hujan
Pengobatan gratis oleh PRNU Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Pengobatan gratis oleh PRNU Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Di musim penghujan, sebagian warga mengalami sakit, sebab kondisi cuaca akan akan memengaruhi kesehatan. Sebagai upaya mencegah penyakit sejak dini, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jaddung, gandeng Klinik Pratama NU Pragaan untuk memberikan pengobatan gratis pada warga setempat.

 

Pengobatan ini berbarengan dengan pertemuan rutin bulanan Ranting NU yang dipusatkan di kediaman Iwan di Dusun Bulu, Jaddung, Pragaan, Sumenep, Jumat (31/12/2021). Mufti Ali, Sekretaris Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pragaan, mengutarakan, untuk kegiatan itu pihaknya menerjunkan beberapa tenaga medis ke desa, antara lain, kepala Unit Gawat Darurat (UGD) dan perawat lainnya.

 

"Pelayanan kami berikan tanpa persyaratan apa pun. Alhamdulillah, ada 57 orang yang notabenenya masuk kategori lansia dan dewasa. Mereka adalah anggota ranting, warga sekitar dan warga pendatang," ujarnya.

 

Dijelaskan pula, pihaknya memberikan pelayanan cek kolesterol, asam urat, mengukur tekanan darah, dan cek gula darah.

 

"Walaupun terkendala hujan malam tahun baru 2022, kegiatan kami berjalan lancar dan mendapat respon baik dari warga," tutur alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk itu.

 

Di kesempatan yang berbeda, ibu Rahemah (74 tahun) selaku pasien mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang diinisiasi oleh LKNU Ranting Jaddung ini.

 

"Pengobatan gratis ini sangat membantu kami, terutama bagi lansia. Kami berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini, supaya kesehatan rakyat kecil diperhatikan oleh NU," harapnya.


Madura Terbaru