• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 23 Februari 2024

Pantura

1 ABAD NU

Jalan Sehat Sarungan dan Aneka Kegiatan Meriahkan Harlah NU di Lamongan

Jalan Sehat Sarungan dan Aneka Kegiatan Meriahkan Harlah NU di Lamongan
Peserta demikian antusias mengikuti jalan sehat sarungan yang diselenggarakan MWCNU Lamongan kota. (Foto: NOJ/Panitia)
Peserta demikian antusias mengikuti jalan sehat sarungan yang diselenggarakan MWCNU Lamongan kota. (Foto: NOJ/Panitia)

Lamongan, NU Online Jatim

Gebyar kegiatan 1 abad Nahdhatul Ulama (NU) yang banyak digelar di berbagai daerah, juga dilakukan Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU) Lamongan. Pada momen ini digelar bersama ribuan Nahdhiyin dengan menyelenggarakan beragam kegiatan.


"Mari bersama-sama kita semarakkan 1 abad ini melalui kegiatan positif sehingga membawa spirit dan semangat bagi kita semua dalam melakukan pembangunan NKRI," kata Bupati Lamongan, Yuhronur Yuhronur Efendi saat memberangkatkan peserta jalan sehat sarungan di halaman SMKNU Lamongan, Jumat (03/02/2023).

 

Dikemukakan bahwa sinergi NU Lamongan kota bersama pemerintah daerah pada 1 abad NU ini dijadikan sebagai momentum bersama. Demikian pula spirit bersama untuk tetap terus merawat jagat, membangun dan menjaga peradaban di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Antusias warga terlihat dari jumlah peserta jalan sehat yang mencapai 3.000 lebih peserta yang terdiri dari para santri, peserta dididik dan pendidikan LP Ma'arif MWCNU, pengurus, sejumlah, PRNU dan masyarakat umum.

 

“Pada peringatan 1 abad ini, MWCNU Lamongan menyelenggarakan 9 kegiatan mulai dari khatmil Qur'an, jalan sehat sarungan, pengobatan gratis, bahtsul masail, istighotsah massal, peresmian kantor, pengibaran bendera, serta penyaluran sembako ke fakir miskin,” katanya.

 

Dikemukakan bahwa pada rangkaia ini juga ada bazar dan pengajian yang menghadirkan Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar. Kegiatan berkanjut ke peresmian kantor MWCNU Lamongan.


Dijelaskan Nurman, pada seluruh rangkaian kegiatan ini juga melibatkan seluruh jajaran MWCNU, lembaga atau banom, siswa-siswi LP Ma’arif NU mulai TK hingga SMK. Termasuk di dalamnya adalah santri sejumlah pesantren se-Lamongan dan masyarakat umum.

 

“Harapan kami, Di usia 100 tahun, maka kami ingin meneguhkan bahwa jamiyah NU ini tetap lestari dan berkembang di bumi Nusantara. Ajaran Ahlussunnah Waljamaah an-Nahdhiyah terus dirawat  baik pada struktural maupun kultural,” harap dia.

 

Senada dengan itu, Katib MWCNU Lamongan Abdul Ghofur mempunyai alasan tersendiri atas idenya untuk menggelar jalan sehat sarungan.

 

"Karena salah satu ciri khas orang NU itu ya bersarung. Kami ingin di 100 tahun NU, ciri khas ini yang kita munculkan. Kemarin di PBNU juga ada kegiatan Nusantara, jadi bagaimana budaya ini tetap terjaga sebagai bagian dari ciri khas kita sebagai umat Islam di Nusantara," ungkapnya.

 

Dalam pemikiran Ghofur, ini juga menjadi bagaian pengenalan kepada para santri dan pelajar walaupun sebenarnya juga sudah menjadi bagian tak terpisahkan di sekolah Ma’arif NU.

 

"Kami meneguhkan kembali bahwa Islam menjadi bagian dari tradisi-tradisi yang ada di Nusantara, sehingga  melekat menjadi sesuatu yang indah di negeri ini," pungkasnya.


Editor:

Pantura Terbaru