• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pantura

Kembangkan Potensi, MI Darul Ulum di Tuban Gelar Workshop Pantomim

Kembangkan Potensi, MI Darul Ulum di Tuban Gelar Workshop Pantomim
Seluruh siswa dan siswi MI Darul Ulum, Widang, Tuban mengikuti workshop pantomim. (Foto: NOJ/ISt)
Seluruh siswa dan siswi MI Darul Ulum, Widang, Tuban mengikuti workshop pantomim. (Foto: NOJ/ISt)

Tuban, NU Online Jatim
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum, Widang, Tuban mengundang Pemuda Bergerak Plumpang dengan menggelar Workshop Pantomim Sekolah, Sabtu (23/10). 

 

Kepada media ini, Hj Choiriyah selaku Kepala MI Darul Ulum mengemukakan bahwa acara seperti ini sangat penting. Karena dapat menumbuhkan bakat dan kreasi peserta didik.

 

“Apalagi seni pantomim memang menyuguhkan gerakan yang membuat suasana lebih riang gembira,” kata perempuan yang juga sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Widang tersebut.

 

Dirinya terus mendorong potensi siswa dan siswi dapat dipacu sedemikian rupa. Tidak semata kemampuan dalam menangkap pelajaran, juga keterampilan lain.

 

“Karena seperti diketahui, masa anak-anak adalah kesempatan untuk merangsang potensi yang dimiliki sehingga dapat disalurkan dengan optimal,” terangnya.

 

Hj Choiriyah kemudian menjelaskan bahwa di madrasahnya telah muncul beragam kelebihan yang dimiliki peserta didik. Dari mulai juara robot, pencak silat dan kelebihan lain.

 

“Karena itu, tugas madrasah yakni mendorong seluruh potensi peserta didik sehingga dapat muncul dan berkembang serta diarahkan kepada hal yang positif,” ungkapnya.

 

Fredi selaku guru musik/seni MI Darul Ulum menjelaskan bahwa peserta workshop adalah seluruh murid mulai dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi di lantai dua madrasah setempat ini diikuti demikian antusias peserta. 

 

“Mereka dengan suka cita berbaur dan memperhatikan materi yang disampaikan narasumber,” katanya.
 
Selama kegiatan, para murid dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian diberi tugas untuk mempraktikkan gerakan pantomim. Dari mulai gerakan aktivitas di rumah, sekolah, hingga tarik tambang.
 
Selain mengenalkan pantomim, Fredi juga mengaku bahwa workshop diadakan untuk menjaring peserta yang memiliki bakat terhadap seni ini.
 
“Mereka yang punya bakat lebih tentang pantomim, nanti kita diwadahi dan bergabung dengan komunitas,” jelasnya.
 
Fredi berharap bahwa untuk ke depannya MI Darul Ulum bisa ikut eksis diberbagai kegiatan kesenian yang ada di Kabupaten Tuban.
 
“Harapan selanjutnya mereka bisa ikut eksis di berbagai porseni dalam waktu dekat,” pungkasnya.


Editor:

Pantura Terbaru