• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pantura

Pagar Nusa Lamongan Gelar Diklat Pasukan Inti

Pagar Nusa Lamongan Gelar Diklat Pasukan Inti
Diklat Pasukan Inti oleh PC PSNU Pagar Nusa Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)
Diklat Pasukan Inti oleh PC PSNU Pagar Nusa Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Jatim menggelar Diklat Pasukan Inti (Pasti) di Boemi Joko Tingkir Lamongan. Agenda yang penyelenggaraannya diamanatkan kepada PC PSNU Pagar Nusa Lamongan ini dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Ulum Desa Wudi Kecamatan Sambeng, Lamongan, Jumat-Ahad (02-04/09/2022). 


Wakil Ketua PW PSNU Pagar Nusa Jatim, H Sholahul 'Am Notobuwono menyampaikan, Diklat Pasti angkatan ini menjadi pengingat momentum istimewa khususnya bagi anggota Pasti agar semakin kokoh dan solid untuk berkhidmah di NU dan Pagar Nusa.


"Karena Diklat ini bertujuan untuk membentuk Pasukan Inti atau Pasti di tingkat daerah sebagaimana ketentuan yang terdapat dalam PD/PRT PSNU Pagar Nusa," ujarnya.


Ia menjelaskan, Pasukan Inti merupakan perangkat organisasi yang berfungsi sebagai pasukan elit Pagar Nusa yang harus senantiasa siap dalam satu komando guna mensukseskan kegiatan keorganisasian dan kemasyarakatan.


“Saya harap anggota Pasti senantiasa bersiap diri menjaga para alim ulama serta para kiai, salah satu cara terbaik menjaga mereka adalah dengan berakhlakul karimah. Hal ini sebagaimana salah satu butir ikrar saat pembaiatan warga Pagar Nusa, yakni menjunjung tinggi akhlakul karimah,” tegasnya.


Sementara Ketua PC PSNU Pagar Nusa Lamongan, Feri Andi Sahputra menjelaskan, Diklat Pasti ini diikuti 50 peserta. Mereka berasal dari perwakilan PC Pagar Nusa Lamongan dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa se-Kabupaten Lamongan.


"Adapun Materi pada diklat kali ini meliputi, ke-Pagar Nusa-an, ke-Pasti-an, strategi pengamanan, ke-NU-an, wawasan kebangsaan dan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik," katanya.


Pantura Terbaru