• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 23 Februari 2024

Pantura

Pemuda Asal Tuban Raih Penghargaan Pemuda Utama Jawa Timur

Pemuda Asal Tuban Raih Penghargaan Pemuda Utama Jawa Timur
Khoirul Adib, pemuda asal Tuban peraih Penghargaan Pemuda Utama tahun 2023. (Foto: NOJ/ ISt)
Khoirul Adib, pemuda asal Tuban peraih Penghargaan Pemuda Utama tahun 2023. (Foto: NOJ/ ISt)

Tuban, NU Online Jatim

Khoirul Adib, seorang pemuda asal Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban menerima Penghargaan Pemuda Utama tahun 2023 dari Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa. Anugerah ini diumumkan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Aloon-aloon Kanigoro, Kabupaten Blitar, Sabtu (28/10/2023) lalu.

 

Adib, sapaan akrabnya, merasa bersyukur atas penghargaan tersebut. Dirinya pun berharap agar dapat selalu istiqamah dalam memberikan dampak positif dan menebar kebaikan kepada masyarakat.

 

“Semoga saya selalu istiqomah memberikan dampak positif dan menerbar kebaikan kepada masyarakat,” ucapnya kepada NU Online Jatim, Senin (30/10/2023).

 

Alumni Pondok Pesantren Ihyaa’ussunnah tersebut mamaparkan, untuk meraih penghargaan tersebut diperlukan proses yang panjang dan penuh tantangan yang dilewati.

 

“Semoga ini menjadi penyemangat bagi pemuda lainnya untuk bisa berkontribusi, khususnya bagi sekitarnya,” ujar kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dari UIN Walisongo Semarang ini.

 

Adib dianugerahi Penghargaan Pemuda Utama dalam bidang Pengembangan Hobi dan Prestasi. Kontribusi dan konsistensi Adib, terutama dalam bidang teknologi, telah memberikan dampak yang luar biasa. Beberapa karya yang telah diciptakan olehnya bahkan sudah dipromosikan di tingkat internasional.

 

Sayangnya, Adib tidak dapat hadir secara untuk menerima penghargaan tersebut. Hal itu karena saat bersamaan dirinya sedang berada di Amerika Serikat mengikuti program MOSMA dari Kementerian Agama, untuk belajar selama satu semester di kampus Rochester Institute of Technology USA.

 

“Walaupun saya tidak bisa hadir langsung dalam upacara tersebut, harapan saya dalam peringatan sumpah pemuda yang k -95 ini menjadi bukti bahwa semangat persatuan dan kesatuan pemuda dibutuhkan. Pemuda di era ini harus bisa berkolaborasi dan berinovasi untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

 

Diketahui, Penghargaan Pemuda Utama Jawa Timur ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada pemuda yang telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui berbagai aktivitas dan rekam jejak kemasyarakatan yang signifikan.

 

Selain itu, penghargaan ini dinilai berdasarkan beberapa indikator, seperti personality, leadership skill, legacy & impact, yang dinilai oleh dewan juri dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur. Proses penghargaan ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk seleksi administrasi, wawancara, dan fact finding.


Pantura Terbaru