• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Pantura

Tingkatkan Khidmah, Pagar Nusa Tuban Resmi Dilantik

Tingkatkan Khidmah, Pagar Nusa Tuban Resmi Dilantik
Suasana Pelantikan Pagar Nusa Kabupaten Tuban di SMA Bahrul Huda Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Suasana Pelantikan Pagar Nusa Kabupaten Tuban di SMA Bahrul Huda Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Pagar Nusa (PSNU) Kabupaten Tuban melaksanakan pelantikan pengurus masa khidmat 2021-2026, Ahad (19/12/2021) dengan tema 'Pendekar NU Mengabdi Pada Kiai, Kesatria NKRI'.

 

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung SMA Bahrul Huda Jalan Letda Sucipto Kabupaten Tuban yang dibuka dengan pembacaan shalawat nabi dan seni tunggal oleh para santri Pagar Nusa Tuban.

 

Nabiel Haroen, Ketua Umum PSNU mengatakan bahwa Pagar Nusa saat ini menjadi organisasi yang besar, tidak hanya dalam tingkat nasional saja, melainkan tingkat internasional.

 

“Pagar Nusa hari ini semakin luar biasa dengan membuat acara yang bagus. Ini menunjukkan betapa keaktifan Pagar Nusa di seluruh cabang, di seluruh wilayah di Indonesia maupun luar negeri ini betul-betul menggembirakan,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, PC Pagar Nusa Tuban menduduki ranking dua tingkat nasional dalam kategori e-KTA. 

 

“Pagar Nusa Tuban ini kalau saya rasakan dan saya lihat ini cukup luar biasa, bahkan untuk rangking di tingkat nasional Pagar Nusa ini ranking 2 untuk e-KTA,” tambahnya.

 

Sementara itu Abdul Mujib, Ketua PC Pagar Nusa Tuban menyampaikan, bahwa pengurus Pagar Nusa ke depan bisa membuka latihan di daerah masing-masing.

 

“Ke depan pengurus berupaya untuk mengajak semua pesantren agar bisa membuka Pagar Nusa. Agar perjuangan para santri kelak jika sudah kembali ke kampung masing-masing dan sekaligus pesantren akan menjadi pusat perkembangan Pencak Silat Pagar Nusa,” tuturnya.

 

Kang Mujib, sapaan akrabnya mencoba untuk membangun komunikasi ke beberapa lembaga LP Ma’arif NU dan lembaga lainnya untuk menjadikan Pagar Nusa sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

 

“Selain itu, kita juga akan membangun sinergi dengan LP Ma’arif dan lembaga yang lain untuk membuka ekstra kurikuler Pagar Nusa di lembaganya,” tambahnya.

 

Dia berharap, para santri Pagar Nusa nantinya bisa memberikan kemanfaatan kepada masyarakat umum bahwa Pagar Nusa merupakan organisasi yang memiliki landasan jelas.

 

“Harapan ke depan Pagar Nusa mampu memberi manfaat yang lebih kepada masyarakat dengan penuh keyakinan dan percaya diri dengan bekal pencak silat dan pendidikan spiritual yang telah diperoleh dari Pagar Nusa dengan berlandaskan khoirunnas anfauhun linnas," pungkasnya.

 

Pagar Nusa Tuban sendiri selalu mengarahkan anggota agar selalu aktif komunikasi dengan kiai, khususnya para kiai struktural NU di semua tingkatan agar jiwa santri Pagar Nusa selalu berkhidmat pada kiai.

 

Editor: Risma Savhira


Pantura Terbaru