• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Parlemen

Adakan Sarasehan Nasional, PKB Dorong Gelar Kepahlawanan untuk Syaikhona Kholil

Adakan Sarasehan Nasional, PKB Dorong Gelar Kepahlawanan untuk Syaikhona Kholil
Fauzan Fuadi, Ketua FPKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Totok)
Fauzan Fuadi, Ketua FPKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Totok)

Bangkalan, NU Online Jatim

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur menggelar acara sarasehan nasional terkait pengusulan gelar pahlawan kepada Syaikhona Moh Kholil Bangkalan, Sabtu (27/03/2021).

 

Acara yang digelar di aula gedung Sekolah Tinggi Islam (STAI) Syaikhona Moh Kholil, Demangan Bangkalan bertema 'Urgensi Pengusulan Syaikhona Mohammad Kholil sebagai Pahlawan Nasional'.

 

Menurut Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi, acara ini demi mendorong pemerintah agar segera memberi gelar pahlawan kepada Syaikhona Kholil. Ia mengungkapkan, jasa Syaikhona Kholil sudah tidak dapat diragukan lagi. Fauzan mengungkapkan, PKB sebagai partai politik yang berembrio dari Nahdlatul Ulama (NU) akan terus mendorong aspirasi agar pemerintah segera memberikan gelar kepahlawanan kepada Syaikhona Kholil. 

 

"Seminar pada hari ini tentunya dalam rangka ikut menguatkan aspirasi yang berkembang di masyarakat Jawa Timur. PKB sebagai partai politik akan terus menguatkan hal ini," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jatim.

 

Tidak hanya itu, acara kali ini sebagai edukasi kepada masyarakat luas tentang peran Syaikhona Kholil dalam memperjuangkan pendidikan dan kemerdekaan Indonesia.

 

"Ini patut diketahui dan menjadi renungan bersama untuk kita, selaku pihak yang telah menikmati manisnya perjuangan beliau," ungkapnya. 

 

Seperti diketahui rundown acara dibuka dengan pembacaan ayat suci al Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon, dan Mars PKB. Selanjutnya, diawali dengan sambutan dari Ketua PCNU Bangkalan sekaligus mewakili dzuriyah Syaikhona Kholil KH Makki Nasir, dilanjutkan oleh sambutan dari A Halim Iskandar.

 

Sambutan ketiga sekaligus membuka acara serasehan adalah Ketum DPP PKB A Muhaimin Iskandar dan acara ditutup dengan doa oleh RKH Fachrillah Aschal. 

 

Memasuki acara inti, moderator dibawakan oleh Hikmah Bafaqih. Dengan narasumber Adrian Perkasa Belanda/Peneliti NU, Rizal Mumazziq ZionisRektor INAIFAS dan Peneliti NU, serta Marwan Dasopang anggota DPR RI Komisi VIII).

 

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bangkalan Mughni, Kepala Dinas Sosial Jawa Timur Sukesi, dan Pengasuh Ponpes Syaikhona Kholil RKH Fachrillah Aschal.

 

Penulis: Totok

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru