• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Parlemen

Komisi E DPRD Jatim Minta THR Diberikan Tepat Waktu

Komisi E DPRD Jatim Minta THR Diberikan Tepat Waktu
Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/surya)
Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/surya)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur, Hikmah Bafaqih meminta semua perusahaan membayar penuh dan tidak telat Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja. Hal tersebut Hikmah katakan melihat saat ini geliat ekonomi sudah menunjukkan angka positif seiring pandemi Covid-19 melandai. 

 

"Kami berharap pada Hari Raya Idul Fitri mendatang semua pekerja mendapatkan THR. Pemerintah juga harus pro aktif memastikan perusahaan membayar THR secara penuh dan tidak telat," kata Hikmah Bafaqih, Senin (11/04/2022). 

 

Ketua Perempuan Bangsa Jatim ini menuturkan, selama dua tahun terakhir pemerintah sudah memberikan relaksasi kepada pengusaha, berupa keringanan mengenai pemberian THR kepada pekerja atau buruh akibat dampak pandemi Covid-19. Namun di tahun 2022 ini pengusaha kembali harus memberikan THR sesuai ketentuan yang ada berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

 

"Pembayaran THR diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan," ujarnya. 

 

Tidak hanya itu, politisi PKB ini mengigatkan perusahaan bahwa THR bukanlah hadiah yang diberikan sukarela, tapi kewajiban yang harus ditunaikan. 

 

"Suka atau tidak, perusahaan sedang lapang atau sulit, THR pekerja wajib dibayarkan," katanya. 

 

Kendati demikian, ia katakan, pihaknya masih belum berniat untuk membuka posko pengaduan untuk masalah THR ini.
 

"Kami akan terus mengawal terkait kesejahteraan para pekerja," pungkasnya.


Parlemen Terbaru