• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Parlemen

Pembina PB Rustini Muhaimin Hibur Korban APG Semeru

Pembina PB Rustini Muhaimin Hibur Korban APG Semeru
Rustini Muhaimin Iskandar, Pembina DPP Perempuan Bangsa, memberikan bantuan ke korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/ A Toriq A)
Rustini Muhaimin Iskandar, Pembina DPP Perempuan Bangsa, memberikan bantuan ke korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/ A Toriq A)

Lumajang, NU Online Jatim

Perempuan Bangsa (PB) Jawa Timur memberikan atensi lebih terhadap korban Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Bahkan, Rustini Muhaimin Iskandar, pembina DPP PB, turun langsung ke lokasi mengulurkan bantuan kepada para korban di pengungsian yang dibangun oleh PKB.

 

Bantuan yang diserahkan ialah seperti logistik, pakaian, selimut hingga pengadaan kamar mandi, kakus dan tempat cuci. Tujuannya agar beban yang diderita para korban sedikit banyak bisa berkurang. "Kami di sini membantu para korban erupsi Semeru, karena mereka adalah bagian dari kami," katanya.

 

Dalam beberapa kesempatan, istri dari Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar ini menurunkan tim trauma healing dari Universitas Negeri Malang untuk menghibur para korban. Rustini mengatakan, trauma healing sebagai salah satu trapy agar para korban khususnya anak-anak tidak mengalami truama akibat letusan Semeru tersebut.

 

“Adik-adik jangan sedih, ya, karena Allah tidak akan memberi ujian dan cobaan kepada hamba-Nya di luar batas kemampuan hamba-Nya itu,” ucap Rustini.

 

Rustini juga berkesempatan menyambangi korban yang sedang dirawat di beberapa rumah sakit, salah satunya korban yang berada di Rumah Sakit Haryoto Lumajang.

 

Di sisi lain, Ketua DPW PB Jawa Timur Hikmah Bafaqih mengatakan pendampingan ini sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan.

 

“Mereka tidak hanya butuh bantuan fisik seperti pakaian atau pun makanan. Kita juga fokus mendampingi para korban secara psikologis,” tutur Hikmah.

 

Selain itu, anggota DPRD Fraksi PKB Jawa Timur itu berharap perempuan dan anak-anak yang menjadi korban tidak mengalami trauma yang mendalam. “Tetap berdoa, semoga lekas kembali seperti dahulu lagi,” tambah Hikmah.

 

Editor: Nur Faishal

 

 


Parlemen Terbaru