• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Parlemen

Wakil Ketua DPRD Jatim Sabet Tokoh Nahdliyin Inspiratif

Wakil Ketua DPRD Jatim Sabet Tokoh Nahdliyin Inspiratif
Anik Maslachah mendapat predikat Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022. (Foto: NOJ/KJy)
Anik Maslachah mendapat predikat Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022. (Foto: NOJ/KJy)

Surabaya, NU Online Jatim
Anik Maslachah adalah satu dari enam sosok yang mendapat predikat Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022. Ia kader NU yang mulai berproses di Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) hingga menjadi Wakil Ketua 1 IPPNU Jawa Timur.


Anik juga sebagai kader perempuan NU pertama yang menjadi pimpinan DPRD Jatim. Bahkan adalah perempuan pertama di era reformasi yang menjadi pimpinan DPRD Jawa Timur. Di era Orde Baru ada Asri Soebarjati Soenardi, politikus perempuan Golkar yang menjadi pimpinan DPRD Jatim.


"Anik Maslachah saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim. Ia adalah kader perempuan NU pertama yang menjadi pimpinan DPRD Jatim. Ini patut diapresiasi, karena itu kami sepakat menobatkan beliau sebagai satu dari enam Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022," terang juru bicara Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN), Purnawa Kromojoyo, Rabu (18/05/2022).


Jurnalis TV9 ini mengungkapkan, Anik Maslachah adalah kader perempuan NU yang berhasil mengisi ruang politik pasca reformasi. Ia tak kalah berkompetisi dengan politisi pria. Terbukti, sejumlah posisi strategis dipercayakan kepada politikus perempuan asli Sukodono, Sidoarjo tersebut. Baik di partai sebagai Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, maupun di parlemen sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim sekaligus Penasihat Fraksi PKB DPRD Jatim.


"Prestasi Anik Maslachah bisa menjadi contoh bahwa perempuan punya peluang yang sama dengan pria, termasuk di dunia politik. Anik yang berproses mulai tingkat Kabupaten Sidoarjo, saat ini adalah salah satu tokoh perempuan di Provinsi Jawa Timur. Tak menutup kemungkinan ia naik level sebagai tokoh nasional," ujar Purnawa.


Apresiasi Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 ini diberikan dalam rangkaian Harlah Forkom Jurnalis Nahdliyin ke-2, yang jatuh pada 13 Mei 2022. Selain Anik Maslachah, ada lima tokoh NU lain yang juga menerima apresiasi tersebut. Mereka adalah, Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa PDTT RI), Zainudin Amali (Menpora RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) dan Mundjidah Wahab (Bupati Jombang).


Editor:

Parlemen Terbaru