• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Pemerintahan

Keren, Sarung Sabreh Unggulan Pesantren di Bangkalan

Keren, Sarung Sabreh Unggulan Pesantren di Bangkalan
Sarung Sabreh produk unggulan Pesantren Al-Ghazali Tanjung Bumi, Bangkalan. (Foto: OPOP)
Sarung Sabreh produk unggulan Pesantren Al-Ghazali Tanjung Bumi, Bangkalan. (Foto: OPOP)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pesantren Al-Ghazali Tanjung Bumi, Bangkalan memiliki produk unggulan yang menjadi salah satu identitas pesantren. Ialah Sarung Sabreh, yang cukup dikenal di daerah setempat, dan menjadi incaran para kaum adam. Utamanya kalangan santri yang kerap mengenakan sarung dalam segala aktivitas.

 

Jika dilihat, Sarung Sabreh ini memiliki corak yang berbeda dari sarung pada umumnya. Sarung pesantren ini memiliki corak tenun, yang semakin menguatkan kesan elegan.

 

KH Zainal Arifin, Pengasuh Pesantren Al-Ghazali memaparkan jika memang sengaja memilih motif yang jarang, agar masyarakat mudah mengenalnya.

 

Selain itu, menariknya penamaan Sarung Sabreh ini lantaran diambil dari nama daerah setempat. Hal itu pun dijelaskan Kiai Zainal agar merek tidak sama dengan kompetitor lainnya. Sekaligus pihaknya juga ingin lewat sarung ini, daerahnya semakin dikenal.

 

“Kami coba membuat merk sendiri dengan corak yang sedikit berbeda,” jelasnya.

 

“Dari segi penamaan pun, kami gunakan nama desa yakni Desa Sabreh. Selain itu, harapannya juga bisa mengangkat nama desa tersebut di masyarakat. Tidak ada yang menyamai terkait penamaan sarung,” imbuhnya

 

Menurutnya sarung berbahan utama matrix ini juga dikemas semenarik mungkin layaknya merek sarung yang sudah terkenal.

 

“Sarung Sabreh ini kami kemas dengan paper bag dan juga sticker. Jadi kemasannya berbeda dari sarung biasa yang hanya dibungkus plastik. Kemasannya hampir mirip seperti sarung kenamaan,” ungkapnya.

 

Diketahui Sarung Sabreh ini telah dikembangkan hampir tiga tahun dan telah dikenal di beberapa daerah, khususnya di Pulau Madura.

 

Jika Sobat OPOP bertadang ke Bangkalan, juga bisa mampir dan membeli Sarung Sabreh yang bisa didapatkan di Koperasi Pondok Pesantren Al-Ghazali, Tanjung Bumi, Bangkalan.

 

Selain itu, Sarung Sabreh ini juga dipasarkan saat ada acara haflah pesantren atau imtihan. Tertarik menambah koleksi sarung, sila hubungi 087849392019.


Pemerintahan Terbaru