• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pemerintahan

Pemkab Ponorogo Meriahkan Hari Santri dengan Pawai 10 Ribu Obor

Pemkab Ponorogo Meriahkan Hari Santri dengan Pawai 10 Ribu Obor
Pemerintah Kabupaten Pemkab Ponorogo menggelar pengajian akbar dan pawai 10 ribu obor. (Foto: NOJ/Zen M)
Pemerintah Kabupaten Pemkab Ponorogo menggelar pengajian akbar dan pawai 10 ribu obor. (Foto: NOJ/Zen M)

Ponorogo, NU Online Jatim

Kemeriahan dalam rangka menyambut Hari Santri 2022 terus berlanjut di Kabupaten Ponorogo. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar pengajian akbar dan pawai 10 ribu obor, Kamis (20/10/2022). 


Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren dan elemen masyarakat serta berbagai organisasi Islam berdatangan dari empat penjuru Alun-alun Ponorogo dengan membawa obor. Lalu mereka berkumpul di panggung utama bumi Reog tersebut. 


Terlihat santri dan santriwati antusias dan suka cita dalam pelaksanaan kegiatan. Di sepanjang jalan, mereka menyanyikan mars hari santri, kebangsaan Indonesia, dan tak ketinggalan Subanul Wathon. 


Selanjutnya mereka bersama mengikuti pengajian akbar yang diisi oleh Kiai Haji Ahmad Muwafiq atau yang akrab dipanggil Gus Muwafiq. Pada saat pelaksanaan pengajian sempat terjadi gerimis, namun tidak membuat peserta meninggalkan lokasi hingga pengajian berakhir. 


Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan ribuan santri dan masyarakat membawa obor melewati jalan protokol di bumi Reog, kemudian menyatu di alun-alun. Cahaya dari api obor memaknakan bahwa santri siap untuk mengabdi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 


"Kita mengajak para generasi muda untuk meneladani spirit para santri pendahulu," kata Kang Giri, sapaan akrab bupati. 


Ia menambahkan di Ponorogo memiliki ratusan pondok pesantren yang ibaratnya menjadi kawah candradimuka untuk mencetak santri yang berkualitas jempolan dan berakhlak mulia. 


"Santri juga dibekali berbagai keterampilan lain untuk turut berkontribusi dalam berbagai bidang pembangunan," imbuhnya. 


Usai acara tersebut, rombongan Gus Muwafiq dan bupati serta jajaran bertolak ke Tegalsari dalam rangka pengajian umum. Kemeriahan benar-benar tersaji pada acara tersebut. (Adv)


Editor:

Pemerintahan Terbaru