• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Pemerintahan

Pesantren Al Abror Gresik Fokus Bisnis Baju Muslim

Pesantren Al Abror Gresik Fokus Bisnis Baju Muslim
Toko baju muslim yang dikelola Pesantren Al Abror Gresik. (Foto: OPOP)
Toko baju muslim yang dikelola Pesantren Al Abror Gresik. (Foto: OPOP)

Gresik, NU Online Jatim

Semakin banyak pondok pesantren yang memiliki sayap bisnis untuk menopang kemandirian pesantren itu sendiri, sekaligus melatih para santri menjadi wirausaha. Seperti halnya Pesantren Al Abror Gresik yang menekuni bisnis pakaian muslim.

 

Saiful Huda Ketua Koperasi Pesantren Al Abror mengatakan jika pesantren yang terletak di Jl. KH Kholil ini memang memiliki visi besar dibidang wirausaha. “Memang santri ini benar-benar dibekali. Semua diajak ngaji diajak kerja,” tuturnya.

 

Dikatakan Ustadz Saiful, baju muslim menjadi fokus usaha Pesantren Al Abror lantaran melihat potensi dearah dan merupakan bisnis yang cocok dengan lingkungan pesantren. Sebagai produk unggulan ialah songkok nasional merek Al Khidmah dan baju muslim Mabruk.

 

“Karena berada di wilayah Gresik sebagai kota santri. Alhamdulillah usaha ini berkembang. Apalagi sebelum ada pandemi masya Allah, sudah kemana-mana sudah banyak yang mencari produk bamus dan songkok ini,” ujarnya.

 

Meski harus diakui pandemi Covid-19 ini membuat usahanya menurun, namun pesantren tetap optimis. Khususnya dengan adanya program One Pesantren One Product (OPOP) yang senantiasa mendukung penuh UMKM berbasis pesantren.

 

“Alhamdulillah, program OPOP ini seperti angin segar bagi kami, apalagi di tengah pandemi saat ini. Bergabung sejak awal di OPOP, kami pun bangkit,” ungkapnya.

 

Ditambahkan Ustadz Saiful, jika geliat usaha di pesantren ini juga melibatkan para wali santri yang kurang mampu untuk diberdayakan.

 

“Alhamdulillah kalau dengan adanya koperasi seperti ini, beberapa santri terlibat sekaligus orang tua (wali santri) kurang mampu, itu ditampung. Jadi habis ngaji bantu disini, ngaji lalu kesini. Kalau yang mampu biasanya cuma ngaji karena disini juga nampung santri yang sekolahnya diluar (pondok),” ujarnya.

 

Sebagai infromasi, songkok dan baju muslim produksi pesantren Al Abror saat ini sudah menjangkau hampir seluruh daerah di Jawa Timur. Permintaan paling banyak ada di Madura. Tak cukup sampai disitu, pemasaran pakaian muslim pesantren ini juga sudah tersebar di Semarang dan sekitarnya.

 

Tertarik untuk memesan produk pakaian muslim dari Pesantren Al Abror Gresik, sila hubungi ke nomer 085746559788.


Pemerintahan Terbaru