• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pemerintahan

Advertorial

Plt Bupati Nganjuk Ingatkan Pentingnya Miliki Filosofi Hidup Sehat

Plt Bupati Nganjuk Ingatkan Pentingnya Miliki Filosofi Hidup Sehat
Plt Bupati Nganjuk saat pembukaan peningkatan Posyandu Remaja. Foto: Humaskab Nganjuk
Plt Bupati Nganjuk saat pembukaan peningkatan Posyandu Remaja. Foto: Humaskab Nganjuk

Nganjuk, NU Online Jatim

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengingatkan pentingnya memiliki filosofi hidup sehat sejak dini. Hal ini bisa dipersiapkan sejak di dalam kandungan, balita, remaja hingga lanjut usia.


“Dipersiapkan sejak dini, hal ini untuk memberikan kontribusi yang positif terhadap pembangunan Kabupaten Nganjuk. Ini sesuai Tri Cita Bhakti pembangunan Kabupaten Nganjuk, salah satunya yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas,” kata Marhaen saat pembukaan orientasi pengembangan posyandu remaja di Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk pada Rabu (24/08/2022).


Menurut Kang Marhaen, Posyandu Remaja merupakan wadah yang tepat bagi para remaja untuk mempersiapkan dirinya sebelum memasuki jenjang perkawinan. Hal ini untuk melahirkan generasi penerus yang memiliki SDM unggul dan berkualitas.


“Untuk itu berilah diksi yang positif untuk memancing para remaja agar lebih kreatif, percaya diri dan berani mengemukakan pendapat. Posyandu Remaja tidak boleh menjadikan remaja berfikir seperti orang dewasa, biarkan mereka berfikir sesuai usianya,” ungkapnya. 


Sementara itu, Sudrajat Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk menyampaikan saat ini Pemkab Nganjuk memberikan perhatian besar terhadap upaya pencegahan stunting. Di antaranya melalui peningkatan kesehatan sejak usia remaja. Yang mana remaja merupakan cikal bakal keluarga.


“Kita berikan edukasi sejak dini kepada para calon orang tua yakni para remaja. Agar bisa menerapkan pola hidup sehat diantaranya menjauhi seks bebas, narkotika, minuman keras dan bahaya merokok,” katanya.


Acara ini diikuti sebanyak 142 peserta terdiri dari Dokter Fungsional, Penanggungjawab Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Penanggungjawab Program Gizi, Penanggungjawab Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Penanggungjawab Program Promosi Kesehatan (Promkes) yang berada di 20 Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk.


Selain itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Tim Penggerak PKK Kecamatan Nganjuk dan Bidan Wilayah di Kabupaten Nganjuk. 


Hadi pula dalam pembukaan yaitu Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen serta Tim Dinkes Provinsi Jawa Timur.


Editor:

Pemerintahan Terbaru