• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Pemerintahan

Tahun 2021, OPOP Jatim Bina Ekonomi 200 Pesantren

Tahun 2021, OPOP Jatim Bina Ekonomi 200 Pesantren
OPOP Expo. (Foto: NOJ/wisatasurabaya)
OPOP Expo. (Foto: NOJ/wisatasurabaya)

Surabaya, NU Online Jatim

One Pesantren One Product (OPOP) Jatim kembali membuka peluang bagi pesantren untuk mengembangkan perekonomiannya. Sebanyak 200 pesantren yang baru bergabung 2021 dalam OPOP diberi sosialisasi terkait program strategis OPOP.

 

Mohammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jatim mengatakan bahwa OPOP bukan hanya tentang dana hibah, tapi lebih dari itu banyak program yang bisa dilaksanakan oleh pesantren.

 

“Kami harap peserta bisa memahami bahwa OPOP bukan hanya hibah. Tapi ada lima program yang telah disiapkan,” katanya, Kamis (01/04/2021).

 

Ghofirin menjelaskan bahwa OPOP mengawal perkembangan pesantren mulai dari kelembagaan, sumber daya manusia, produk, pemasaran, dan hibah.

 

“Oleh karena itu kami menggelar sosialisasi OPOP agar 200 pesantren peserta baru ini paham tujuan OPOP,” terangnya.

 

Selain itu, OPOP Jatim merupakan program unggulan yang dicanangkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam membentuk 1000 produk unggulan pesantren.

 

“Dengan itu cita-cita Gubernur Jatim untuk mencetak 1000 produk unggulan pesantren bisa terwujud di tahun 2024,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru