• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Pendidikan

Dokter Baru FK Unusa Dilantik dan Diambil Sumpah

Dokter Baru FK Unusa Dilantik dan Diambil Sumpah
Pengambilan sumpah dokter. (Foto: NON/humas)
Pengambilan sumpah dokter. (Foto: NON/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melantik dan mengambil sumpah dokter angkatan ke-2 periode Agustus 2021 yang digelar di Auditorium Lantai 9 Unusa Tower Kampus B. Acara digelar secara hybrid, online dan offline, Sabtu (07/08/2021) siang. 

 

Sebanyak 17 orang dilantik dan diambil sumpahnya menjadi dokter baru. Dimana dua mahasiswa berada di Auditorium Lantai 9, sisanya mengikuti secara daring dari rumah masing-masing. Ke-17 yang dilantik ini adalah gelombang kedua dari angkatan pertama yang telah menyelesaikan pendidikan profesi dan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

 

Total angkatan pertama FK Unusa yang lulus UKMPPD sebanyak 96 persen. Mereka dinyatakan first taker atau baru menjalani UKMPPD sekali langsung lulus. 

 

“Ini prestasi luar biasa yang dicapai oleh FK Unusa,” kata Dekan FK Unusa, Handayani.

 

Dalam sambutannya, Handayani mengungkapkan, kemajuan teknologi telah membawa dampak yang luar bisa dalam kehidupan, termasuk dalam bidang kedokteran. Maka para dokter perlu memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

"Karena itu jangan pernah berhenti dan teruslah belajar sepanjang hayat dikandung badan, karena ilmu pengetahuan di dunia kedokteran terus menerus berkembang dengan sangat cepat," ungkapnya.

 

Sementara Rektor Prof Achmad Jazidie dalam sambutannya mengapresiasi usaha yang telah dilakukan para mahasiswa kedokteran angkatan pertama Unusa.

 

"Kerja keras saudara bisa menjadi suri tauladan bagi adik mahasiswa berikutnya. Kerja keras ini menjadi contoh baik untuk adik kelas yang ada di Unusa," terangnya.

 

Pengambilan sumpah kali ini dalam suasana duka. Karena itu dalam sambutan dekan dan juga rektor dipanjatkan doa untuk dua mahasiswa FK yang wafat karena terpapar Covid-19. Kedua mahasiswa masing-masing Badiatul Khilqoh dan Claudia Happy Lanovia. Secara khusus dekan dan rektor meminta undangan dan dokter baru yang dilantik dan diambil sumpah untuk mendoakan kedua almarhumah. Badiatul Khilqoh merupakan mahasiswa profesi dokter, sedangkan Claudia merupakan mahasiswa sarjana pendidikan dokter.


Pendidikan Terbaru