• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Dosen UIN Malang Dorong Mahasiswa Bikin Karya Tulis Bergambar Anak

Dosen UIN Malang Dorong Mahasiswa Bikin Karya Tulis Bergambar Anak
Hasil karya mahasiswa di akhir semester. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Hasil karya mahasiswa di akhir semester. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Humaniora (FH) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memiliki salah satu dosen kreatif dalam pembelajaran mata kuliah (Matkul). Mahasiswa mampu membuat karya tulis berupa cerita bergambar untuk anak berbahasa Inggris.


Salah satu pengampu Matkul Basic English Grammar di Program Studi Sastra Inggris, Finda M. Najih menerangkan telah mampu mengarahkan mahasiswanya sehingga bisa menghasilkan karya yang sangat berharga.


"Dalam melahirkan karya sekeran ini, harus ada rencana penugasan yang matang. Termasuk juga melalui bimbingan secara intensif sehingga melahirkan karya sekeren ini," katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (07/12/2022).


Menurutnya, karya tersebut merupakan tugas Matkul Basic English Grammar. Selanjutnya disulap sedemikian rupa, hingga menjadi bacaan bergambar untuk anak dalam Bahasa Inggris. Dalam praktek secara langsung, dosen muda Program Studi Sastra Inggris ini melaksanakan proses kegiatan pembelajaran Matkul seperti pada umumnya. Topik dan materi semua disampaikan seperti biasa.


"Tetapi di ujian tengah dan akhir semester mengasilkan produk yang keren," pungkasnya.


Terpisah, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Halimi mengapresiasi upaya kreatif yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Sastra Inggris. Pihaknya mengaku, model tugas bagi mahasiswa banyak yang bisa diarahkan menjadi karya produk yang bermanfaat.


"Karya mahasiswa menjadi wujud dari kurikulum implementasi yang berbasis Outcome Based Education (OBE). Karya tersebut cukup menginspirasi, selamat!,” ujarnya.


Sebagai informasi, dalam implementasi di lapangan, kurikulum ini telah banyak membuahkan produk. Beberapa produk itu dapat dibaca pada laman berikut https://humaniora.uin-malang.ac.id/akademik/karya-karya.


Pendidikan Terbaru