• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Ponpes di UIN Malang Kuatkan Soliditas Pengurus dengan Berbagai Lomba

Ponpes di UIN Malang Kuatkan Soliditas Pengurus dengan Berbagai Lomba
Pemenang Tasyji'ul Himmah Ma'had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang. (Foto: NOJ/panitia)
Pemenang Tasyji'ul Himmah Ma'had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang. (Foto: NOJ/panitia)

Malang, NU Online Jatim
Ma'had atau Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Ampel Al-Aly (MSAA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Tasyji'ul Himmah 2022/2023 ‘Ijtihadun, wa jihaadun, wamujaahadah, Allahuakbar! di Bumi Perkemahan Bedengan, Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Ahad (27/11/2022).


Tasyji'ul Himmah merupakan lomba-lomba yang bertujuan untuk semakin merekatkan dan menguatkan soliditas pengurus ma'had. Beberapa lomba yang dilaksanakan yakni semarak untuk berekspresi (Seruni), karet tusu untuk sedotan (Kaktus), tarik ulur kompetitip (Tulip), koin enak tepung menganga (Kenanga), voll enjoy anti lelet (Violet), enak dengan latihan water ih manis (Edelweis), dan sarung kompetisi untuk rakyat (Sakura).


Ketua Pelaksana, H. Ghufron Hambali mengatakan, tujuan utama dari kegiatan Tasyji'ul Himmah yakni untuk menguatkan kembali semangat mengabdi di ma’had. “Tentunya dengan suasana yang lebih segar dengan tetap mengedepankan akhlak,” katanya.


Sementara itu, salah satu panitia lain, Fahmi Shofrillah berharap seusai pelaksanaan Tasyji'ul Himmah dapat menjadi pendongkrak semangat untuk kembali mengabdi. “Semoga setelah terselenggaranya kegiatan ini, teman-teman sekalian bisa membawa suasana baru yang lebih baik untuk MSAA,” ucapnya.


Sebagai informasi, kegiatan ini sudah menjadi, rutinitas tahunan MSAA UIN Malang, meskipun sebelumnya sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19. Meski hanya dilaksanakan selama setengah hari, namun euforia dan kebersamaan dari kegiatan ini sangat luar biasa.


Kegiatan yang ditunjukkan kepada musyrif/ah atau sebutan untuk pengurus ma'had tersebut banyak menuai respon positif. Hal itu terbukti dari antusias peserta yang mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir yang berjumlah 242 peserta dari 11 mabna atau asrama yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Beberapa mabna yang ada diantaranya yakni mabna Al-Ghazali, mabna Ibnu Rusyd, mabna Ibnu Sina, mabna Ibnu Khaldun, mabna Al-Muhasibi, dan mabna Al-Farabi, mabna Ummu Salamah, mabna Fatimah Az-Zahra, mabna Khadijal Al-Kubro, dan mabna Asma-Binti Abi Bakar.


Pendidikan Terbaru