• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

FE UIN Malang Jalin Kerja Sama dengan Ragam Sektor Usaha

FE UIN Malang Jalin Kerja Sama dengan Ragam Sektor Usaha
Suasana kerja sama FE UIN Malang dengan beberapa perusahaan. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Suasana kerja sama FE UIN Malang dengan beberapa perusahaan. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar kerja sama dengan berbagai perusahaan mulai dari event organizer, retail, distributor laptop/komputer, properti hingga penyedia jasa outsourcing di Kota Surabaya. Kerja sama membangun mitra dengan ragam sektor usaha bertujuan untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi di dunia usaha dan industri.


Wakil Dekan III Bidang Mahasiswa dan Kerjasama, Dr Indah Yuliana mengatakan, menjalin beragam mitra kerja guna memberikan kemudahan mahasiswa dalam memilih berbagai sektor usaha industri.


"Mahasiswa FE UIN Malang dari berbagai jurusan dapat menggunakan mitra tersebut sebagai pilihan profesi yang akan digeluti di kemudian hari," katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (24/11/2022).


Dirinya mengucapkan selamat dan sukses untuk FE UIN Malang. Selain itu, memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk6 menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Untuk mahasiswa yang ingin menggeluti ritel bisa belajar di Nifo Kids. Sebuah perusahaan ritel lebih dari 1000 produk untuk kebutuhan bayi.


“Sementara, pemasaran produk Nifo Kids 80 persen dilakukan secara online, dengan jangkauan pasar menembus sampai kota-kota besar di luar pulau Jawa. Bagi yang ingin mendalami teknologi informasi, dapat menjalin mitra dengan PT Indo Bismar yang diawal usahanya bergerak di bidang IT (komputer/notebook),” terangnya.


Selanjutnya, merambah upaya dalam berbagai produk seperti penjualan grosir, komputer ritel, notebook, smartphone, pendidikan seperti sertifikat kompetensi guru, sinkronisasi kurikulum, pendampingan UMKM, CSR, bengkel, konsultan pajak, rumah makan, pengembangan wisata, dan lain sebagainya dengan omset ratusan milyar.


“Tidak hanya itu, mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UIN Malang dapat magang kerja di PT Benteng Api Teknik,” paparnya.


Menurutnya, ini merupakan satu-satunya produksi batu bata tahan api dengan suhu di atas 1000 derajat celcius yang dimiliki oleh WNI. Batu bata tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang menggunakan suhu tinggi dalam proses produksinya. Seperti PT Pertamina, semen, migas, krakatau steel, dan lainnya.


Mahasiswa FE UIN juga dapat belajar pada PT Cahaya Adin Abadi, yang menangani tenaga outsourshing berbagai perusahaan di kota seluruh Indonesia. Seperti, penyedia tenaga keamanan (satpam), tenaga kebersihan, pengelolaan taman, office boy perkantoran dan industri.


"Sekarang ini memiliki lebih dari 7000 lebih tenaga outsourcing siap digunakan dan membangun mitra dengan 150 lebih perusahaan lain," tutupnya.


Pendidikan Terbaru