• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Pendidikan

FEB Unisma Berikan Penghargaan Kompetisi Lomba Desa Nabung Saham

FEB Unisma Berikan Penghargaan Kompetisi Lomba Desa Nabung Saham
Penghargaan juara 1 Desa Nabung Saham. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Penghargaan juara 1 Desa Nabung Saham. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Tim Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan, BEI Jawa Timur (Jatim) dan PT. Indopremier sekuritas menggelar acara bersama dengan mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) di Malang Raya dan di Kabupaten Pasuruan secara luring, Selasa, (06/09/2022).


Acara ini dihadiri oleh Nur Diana SE., MSi selaku dekan FEB Unisma, Dewi Sriana Rihantyasni selaku Kepala Kantor Perwakilan BEI Jatim, Drs. Didik Gatot Subroto, SH.M selaku Wakil Bupati Kabupaten Malang, Ammi Nabila Fauzi  selaku Branch Manager PT Indo Premier Sekuritas Malang, dan Ir. Untung Sudarto, MT selaku Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Malang.


Tim Galeri Investasi BEI FEB Unisma memberikan penghargaan kepada para pemenang dari beberapa desa yang mengikuti perlombaan desa nabung saham. Adapun penghargaan yang diberikan dikelompokkan dalam 3 kategori, yakni kategori melek investasi, kategori sadar literasi keuangan, dan kategori partisipan teraktif. Selain itu, juga diberikan penghargaan untuk juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1 dan harapan 2.


Branch Manager PT Indo Premier Sekuritas Malang, Ammi Nabila Fauzi mengapresiasi kegiatan desa nabung batch II ini. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan, mengenai manfaat keuangan di masyarakat desa guna menambah pengetahuan khususnya investasi pasar modal.


“Berbagai acara telah dilaksanakan mulai dari edukasi secara luring bahkan daring. Di dalam edukasi disampaikan mengenai aplikasi IPOT yang sudah diawasi oleh OJK tanpa minimum deposit. Indopremier selalu berharap kepada masyarakat agar selalu waspada mengenai investasi,” katanya.


Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jatim, Dewi Sriana Rihantyasni menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi sinergitas atas kolaborasi antara BEI, PT. Indopremier Sekuritas dan FEB Unisma yang selalu luar biasa di dalam melakukan kegiatannya.


"Inilah vaksin keuangan yang dapat diberikan kepada masyarakat untuk saat ini, dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi keuangan agar tidak terjebak investasi ilegal,” ujarnya.


Selain itu, dari sini sedikit mengerti akan pentingnya investasi di pasar modal, dengan anggapan pasar modal adalah tempat orang berduit padahal nyatanya tidak. Pihaknya berharap, semoga masyarakat semakin sadar akan literasi keuangan dan menjadikan pasar moidal sebagai pilihan investasi yang tepat.


Senada, Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH.M menyampaikan, BEI menawarkan beberapa kiat-kiat tentang edukasi mengenai saham yang hingga saat ini perlu ditekankan agar tidak salah pilih. Ia juga berbagi pengalama ketika menjadi mahasiswa hingga saat ini.


"Mahasiswa harusnya kencangkan ikat pinggang untuk menata masa depan yang gemilang," tegasnya.


Selanjutnya Dekan FEB Unisma, Nurdiana.SE.,MSI menambahkan, berdasarkan hasil survey OJK ini masih rendah dalam memahaminya. Pihaknya berharap dari serangkaian kegiatan desa nabung saham ini mampu dijadikan sebagai rujukan dalam bersinergi dalam meningkatkan literasi dengan melakukan sekolah pasar modal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peningkatan perekonomian warga desa.


“Dengan ucapan Alhamdulillah, maka Program Desa Nabung Saham Batch II Literasi Keuangan se-Malang Raya dinyatakan ditutup," tandasnya.


Pendidikan Terbaru