• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Pendidikan

FKIP Unisma Siapkan Lulusan yang Unggul di Bidang Matematika

FKIP Unisma Siapkan Lulusan yang Unggul di Bidang Matematika
Salah satu kegiatan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unisma. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Salah satu kegiatan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unisma. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma) bertekad menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam penguasaan bidang Matematika.


Program ini mendapat dukungan ilmu pedagogik serta kemampuan pendukung yang dibutuhkan untuk bisa adaptif dengan perubahan zaman. Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma akan dibekali keilmuan teoritis dengan dukungan kemampuan pendukung yang komprehensif.


“Prodi kami (Pendidikan Matematika, red) berupaya untuk dapat menjadi ruang belajar senyaman mungkin bagi mahasiswa, dan tentu kami memberikan bekal pengalaman yang dapat melatih  pengembangan soft skills mereka. Mulai dari entrepreneurship, leadership, manajerial, dan keterampilan-keterampilan lainnya,” kata Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Alifiani, S.Pd., M.Pd.


Dengan proses belajar yang kondusif tersebut membuat para mahasiswa menjadi semangat belajar, sehingga ketika lulus mereka merasakan betul dapat menerapkan ilmu yang sudah dipelajari dan memiliki daya saing yang tinggi di dunia kerja.


“Para alumni Matematika Unisma terbukti dapat bersaing dengan lulusan kampus lain. Alumni matematika memiliki kelebihan dan ketangguhan yang luar biasa. Mereka adaptif dan produktif, termasuk memiliki karakter yang kuat,” ungkapnya dengan penuh semangat.


Hal tersebut di amini para alumni yang sudah tersebar di berbagai profesi di dunia kerja. Tidak hanya di lembaga pendidikan, ada juga alumni Pendidikan Matematika Unisma yang berkarya di bidang perbankan, industri asuransi dan keuangan, industri jasa, hingga aktuaria.


“Alhamdulillah selama kuliah Prodi Pendidikan Matematika di Unisma kematangan berpikir dan kedewasaan saya semakin terbentuk. Saya juga semakin rajin ibadah, karena selain belajar matematika di Prodi Pendidikan Matematika juga di ajarkan tentang keislaman,” ujar alumni Pendidikan Matematika Unisma angkatan 2010, Nur Wiji Sholikin.


Selain itu banyak pengalaman berharga di dapatkannya hingga menjadi motivasi sampai saat ini. Salah satunya jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-cita walaupun berada pada kondisi yang sulit sekalipun.


"Karena sesulit apapun kondisi itu jika kita niatkan karena Allah dan lakukan dengan baik maka hasilnya juga akan baik,” ungkap wanita yang saat ini mengajar Matematika di MA Darut Tauhid Malang.


Ia mengaku, selama menempuh perkuliahan banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan dimulai dari suasana kuliah, teman seperjuangan, dosen yang sangat profesional dan kapabel di bidangnya, serta pengalaman dan pelajaran hidup. Mulai dari team work, mengejar deadline, mengambil keputusan, dan masih banyak lainnya yang dipraktikkan sampai sekarang.


"Bagi saya, pengalaman berkuliah membuat saya ingin terus mengembangkan potensi diri saya sehingga mendorong saya untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya," terangnya.


Alumni Pendidikan Matematika Unisma angkatan 2015, Putri Daiana menambahkan, apa yang telah telah di capai sekarang tidak lepas dari dukungan para dosen dan lingkungan yang baik selama masa perkuliahan. Ia merasa bangga dan terhormat bisa menjadi bagian dari mahasisawa Pendidikan matematika Unisma


“Komitmen kami selaku pengelola prodi adalah yang penting, kami terus membuat agar para mahasiswa dapat menikmati proses pembelajaran selama studi di Unisma, yang asyik, sehingga dapat membuat rasa bangga mereka,” tambahnya.


Selain itu, tidak sedikit alumni Matematika Unisma yang melanjutkan studi Program Magister (S-2) di berbagai kampus, lulus program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Termasuk ada juga yang menekuni dunia wirausaha.


Pendidikan Terbaru