• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Pendidikan

Puluhan Hewan Kurban Unisma Disalurkan di Masjid Ainul Yaqin

Puluhan Hewan Kurban Unisma Disalurkan di Masjid Ainul Yaqin
Rektor Unisma (kiri) menyerahkan secara simbolis hewan kurban. (Foto: NOJ/Tugumalang)
Rektor Unisma (kiri) menyerahkan secara simbolis hewan kurban. (Foto: NOJ/Tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak 55 hewan kurban disalurkan Universitas Islam Malang (Unisma) pada pelaksanaan momen Hari Raya Idul Adha 1443 H.


Direktur Masjid dan Pesantren Ainul Yaqin Unisma drh KH Zainul Fadli MKes menyampaikan, jumlah tersebut terdiri dari 22 ekor sapi dan 33 ekor kambing. Seluruh hewan kurban yang akan disembelih telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dinas terkait.


“Kami bersyukur, meski di tengah wabah PMK, semua hewan-hewan yang disembelih telah memiliki persyaratan sesuai dengan arahan pemerintah yakni SKKH,” ujarnya.


Diterangkan, dari 22 ekor sapi kurban, 11 di antaranya dilakukan proses penyembelihan di Masjid Ainul Yaqin Unisma. Sedangkan, 11 sisanya tersebar di berbagai tempat penyembelihan pondok pesantren dan sekolah binaan oleh masing-masing tim.


“Sedangkan kambing yang keseluruhan berjumlah 33 ekor, yang disembelih di Masjid Ainul Yaqin Unisma ada 19 ekor,” terangnya.


Sementara, Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri Msi menjelaskan, bahwa puluhan hewan kurban tersebut dihimpun dari sivitas akademika serta masyarakat di sekitar kampus. Masyarakat di sekitar masjid Ainul Yaqin juga bersemangat untuk ikut ambil bagian dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban ini.


“Termasuk dari BSI yang sudah empat tahun berturut-turut, salah satu kurbannya diserahkan ke Masjid Ainul Yaqin,” katanya.


Dirinya menyampaikan rasa terima kasih kepada komponen terkait yang telah berkontribusi dalam hari raya kurban tiap tahunnya.


“Saya ucapkan terima kasih pada jajaran rektorat, yayasan, dekanan, para dosen, karyawan dan semua pihak terkait yang telah ikut ambil bagian untuk penyembelihan hewan kurban atau berkontribusi beribadah bersama menyembelih hewan kurban,” jelasnya.


Seluruh hewan kurban telah disalurkan ke 14 titik yang terdiri dari pondok pesantren, lembaga pendidikan, masyarakat hingga Masjid Ainul Yaqin Unisma. Unisma telah ikut peduli terhadap penyaluran hewan kurban terhadap masyarakat luar, bukan sekedar di lingkungan kampus.


“Ini terus kita bangun dan kembangkan kerja sama di antara kita. Semuanya dalam rangka memakmurkan masjid. Lebih-lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.


Pendidikan Terbaru