• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 23 Maret 2023

Pendidikan

KKM UIN Malang Ajak Warga Kembangkan Motivasi Wirausaha

KKM UIN Malang Ajak Warga Kembangkan Motivasi Wirausaha
Workshop pelatihan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh KKM UIN Malang kelompok 128. (Foto: NOJ/humas)
Workshop pelatihan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh KKM UIN Malang kelompok 128. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 128 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Workshop pelatihan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.


Pelatihan kewirausahaan bertajuk ‘Menumbuhkembangkan Motivasi Wirausaha di Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal’ ini dihadiri setidaknya 30 Ibu PKK dengan kerja sama dari Dinas UMKM Kecamatan Poncokusumo.


Mulyani, Sekretaris Dinas UMKM di bidang Makanan dan Minuman Kecamatan Poncokusumo menjadi narasumber pertama untuk berbagi ilmunya. Ia menceritakan bagaimana caranya merintis usaha dengan mengajak ibu-ibu untuk mengembangkan makanan dan minuman ringan yang bernama Mulyasari.


“Hal terpenting dari memulai usaha adalah persiapan modal yang cukup. Yang berperan penting itu juga modal sehingga untuk modal harus dipersiapkan terlebih dahulu. Selain itu, memulai usaha juga harus diawali dengan tekad yang kuat dan semangat,” katanya.


Sementara Lailatul Faridah, seorang Pebisnis Pakaian Muslimah Laila Ghani turut diundang untuk membagikan pengalamannya merintis usaha pakaiannya. Sampai saat ini setidaknya Laila Ghani memiliki pekerja sekitar 50 orang untuk membantunya dalam bisnis pakaian muslimah, dan juga jasa konveksi pembuatan jersey olahraga.


“Saya selalu melantunkan sholawat setiap waktu agar dimudahkan segala usahanya,” terangnya.


Alvin Firdaus Sholeh, Ketua Pelaksana Workshop Kewirausahaan KKM Reguler kelompok 128 menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya agar masyarakat di Desa Jambesari dapat lebih memanfaatkan budaya kearifan lokal yang ada.


"Kedepannya semoga masyarakat dapat memanfaatkan kearifan lokal yang ada sebagai ladang usaha. Pastinya juga dapat memberi peluang kerja lebih besar kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.


Lebih lanjut, setelah adanya workshop kewirausahaan berbasis kearifan lokal ini harapannya para warga desa dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah di bagi oleh para narasumber dalam dalam kehidupan sehari-hari.


“Tentunya dengan lebih memanfaatkan sumber-sumber ekonomi yang ada di desa, sehingga perekonomian di desa dapat maju sedikit demi sedikit,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru