• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Pendidikan

Lestarikan Lingkungan, UIN Malang Resmi Punya Hutan Kampus Kehati

Lestarikan Lingkungan, UIN Malang Resmi Punya Hutan Kampus Kehati
Penerimaan secara simbolis benih tanaman oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A. (Foto: NOJ/humas)
Penerimaan secara simbolis benih tanaman oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional 2023, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menyelenggarakan kegiatan Tree Planting di Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Hutan Kampus Keanekaragaman Hayati (Kehati) Kampus 3 UIN Malang, Rabu (18/01/2023).


Kegiatan penghijauan ini sekaligus meluncurkan Hutan Kampus Kehati yang disertifikasi langsung oleh AWS Certification, sebuah organisasi terkait ketersediaan air yang berkelanjutan.


Rektor UIN Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kontribusi dalam sinergi untuk melestarikan lingkungan tersebut.


"Saya berharap agar kerja sama ini akan terus berlanjut, karena kita punya program besar sebagai Smart Campus dan Green Campus,” katanya.


Tree Planting tersebut, lanjutnya, menanam setidaknya 1.000 batang jenis tumbuhan pada lahan seluas 3 Hektar. Tumbuhan jenis unggul yang dipilih diantaramya adalah Kelengkeng New Kristal, Nangka Merah, Alpukat Aligator, dan Pohon Beringin yang masing-masing berjumlah 250 batang.


“Tanaman berbuah tersebut dipilih agar nantinya buah yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk civitas akademika maupun masyarakat sekitar,” terangnya.


Sementara Founder Alamku Hijau, Fitri Harianto yang juga diundang dalam kesempatan tersebut juga mengungkapkan, lahan hijau tersebut kedepannya dapat dimanfaatkan menjadi laboratorium bagi mahasiswa pecinta alam. Ia juga melihat hal ini sebagai jalan yang bijak dan bermanfaat untuk kelangsungan bumi kedepannya.


"Programnya UIN ini luar biasa, yakni Green Smart Campus, UIN Malang,” ucapnya dengan terpukau.


Perwakilan BAT Indonesia PT. Bentoel Group, Jimmy Tampubolon menambahkan, ia merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dalam rangka penanaman 1.000 pohon tersebut. Kontribusi Bentoel selama ini kepada Kota Malang sangat bermanfaat dan untuk selanjutnya dapat juga bermanfaat kepada UIN Malang.


"Mudah mudahan pohon yang kita tanam bisa menjaga ketersediaan air di kampus 3 UIN Malang,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru