• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Momen Tahun Baru Islam, Ansor di Sidoarjo Bersihkan Lingkungan Sekitar

Momen Tahun Baru Islam, Ansor di Sidoarjo Bersihkan Lingkungan Sekitar
PR GP Ansor Plumbungan, Sukodono, Sidoarjo saat melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
PR GP Ansor Plumbungan, Sukodono, Sidoarjo saat melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Plumbungan, Sukodono, Sidoarjo memperingati tahun baru Islam 1444 Hijriyah dengan melakukan aksi bakti sosial (baksos) bersih-bersih lingkungan.


Ketua PR GP Ansor Plumbungan, Haidar Ali mengatakan, pelaksanaan baksos kali ini diikuti oleh puluhan kader Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Plumbungan. Hal yang dilakukan ialah membersihkan sejumlah kantong berisi sampah liar yang berserakan di lokasi area persawahan wilayah RT 011 RW 004 desa setempat.


“Pada momen peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriyah ini, kita harus peduli dengan lingkungan sekitar sebagai bentuk aksi kepedulian GP Ansor dalam sosial kemasyarakatan. Salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga keasrian lingkungan,” kata Haidar kepada NU Online Jatim, Sabtu (30/07/2022).


Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa dalam aksi baksos tersebut pihaknya juga bersinergi dengan pemuda Karang Taruna Sabanusa Desa Plumbungan. Selain membersihkan sampah, pihaknya juga melakukan pemotongan rumput ilalang di pinggir jalan yang mulai rimbun dan mengganggu pengguna jalan.


“Sampah tersebut selanjutnya kami kirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) milik Bumdes Plumbungan," ucapnya.


Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap warga memilki kesadaran yang tinggi bahwa membuang sampah di sembarang tempat bisa mengakibatkan bencana lingkungan dan penyakit.


Sementara itu, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Plumbungan Ari Wahidi menyampaikan apresiasi atas baksos yang digelar oleh PR GP Ansor Plumbungan. Menurutnya, dengan aksi ini diharapkan bisa mengurangi dampak buruk yang diakibatkan sampah liar sekaligus untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.


“Kami sangat menyayangkan dengan perbuatan para pembuang sampah liar di lingkungan kami. Terima kasih kami sampaikan kepada para pemuda Desa Plumbungan, baik Pemuda Ansor dan Pemuda Karang Taruna,” tuturnya.


Metropolis Terbaru